Multimedia Interaktif dengan Penstimulasian Intelegensi Visual Spasial pada Submateri Ikatan Kovalen
Telah dikembangkan multimedia interaktif dengan penstimulasian intelegensi visual spasial pada submateri ikatan kovalen untuk meningkatkan pemahaman konsep peserta didik pada submateri tersebut. Sebelum dapat diimplementasikan, multimedia interaktif perlu untuk diperiksa kelayakannya. Kelayakan multimedia interaktif dapat ditinjau dari 3 aspek yaitu validitas, keefektifan dan kepraktisan. Pada penelitian kali ini memiliki tujuan untuk menguji validitas multimedia interaktif dengan penstimulasian intelegensi visual spasial dari segi validitas isi dan validitas konstruk. Penelitian ini mengacu pada model Penelitian dan Pengembangan menggunakan metode Penelitian dan Pengembangan (Research and Development) yang hanya dibatasi pada revisi desain. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar validasi. Data diperoleh dengan menggunakan lembar validasi yang diisi oleh ahli baik ahli materi maupun ahli media kemudian dianalisis menggunakan metode analisis deskriptif kuantitatif. Berdasarkan data yang telah dianalisis, hasil validitas isi menunjukkan bahwa multimedia interaktif pada materi ikatan kovalen yang terdiri dari kesesuaian materi dengan kurikulum dan kesesuaian substansi materi pembelajaran memiliki persentase rata-rata validitas adalah 80,00% dengan kriteria valid. Validitas konstruk yang terdiri dari indikator media sebagai multimedia, keinteraktifan, kemampuan stimulasi kecerdasan visual spasial berturut-turut memiliki persentase validitas rata-rata 81,33%, 82,22%, dan 86,67%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif dengan penstimulasian intelegensi visual spasial pada submateri ikatan kovalen valid.
Interactive multimedia by stimulating spatial visual intelligence in covalent bond subject has been developed to improve students' understanding of concepts in the subject. Before it can be implemented, interactive multimedia require to be examined for its feasibilty. The feasibility of interactive multimedia can be determined from 3 aspects which are validity, effectiveness and practicality. For this study, it has an aims to examine the validity of interactive multimedia by stimulating spatial visual intelligence in terms of content validity and construct validity. This research refers to the Research and Development model according to Sugiyono's model which is only limited to design revisions. The research instrument which is used is validation sheet. Data is obtained using validation sheets filled out by experts both material experts and media experts then analyzed using quantitative descriptive analysis methods. Based on the data that has been analyzed, the validity results shows that interactive multimedia on covalent bonding material consisting of material which is in accordance with the curriculum and the material in accordance with learning material that has an average value of 80.00% validity with valid criteria. While the construct validity which consists of media indicators as multimedia, interactivity, the ability to stimulate visual intelligence, spatial competitiveness contribute to the average validity percentage of 81.33%, 82.22%, and 86.67%. Based on the results of the study it can be concluded that interactive multimedia on covalent bonding subject is valid.