PENGARUH PENGENALAN LAPANGAN PERSEKOLAHAN (PLP), LINGKUNGAN KELUARGA DAN TEMAN SEBAYA TERHADAP PILIHAN KARIR MENJADI GURU PADA MAHASISWA
THE INFLUENCE OF INTRODUCTION TO THE SCHOOL FIELD (PLP), FAMILY ENVIRONMENT AND PEERS ON STUDENT CAREER CHOICES AS TEACHERS
Nama : Anggita Dwi Yuliawati
NIM : 20080314001
Program Studi : S1 Pendidikan Administrasi Perkantoran
Fakultas : Ekonomika dan Bisnis
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Meylia Elizabeth Ranu, S.Pd., M.S.M.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), lingkungan keluarga, dan teman sebaya terhadap pilihan karir menjadi guru pada mahasiswa. Penelitian ini menggunakan metode eksplanatori dengan pendekatan kuantitatif. Sampel pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa Program Studi S1 Kependidikan Fakultas Ekonomika dan Bisnis Angkatan 2020. Sampel penelitian ini menggunakan Proporsional Random Sampling. Teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan wawancara, kuesioner dan dokumentasi. Metode analisis data yang digunakan adalah analisis regresi linier berganda dengan media software Statistical Package for the Social Science (SPSS) versi 20. Hasil uji t dalam penelitian ini menunjukkan bahwa Pengenalan lapangan persekolahan (PLP) berpengaruh positif dan signifikan terhadap pilihan karir menjadi guru, lingkungan keluarga berpengaruh positif dan signifikan terhadap pilihan karir menjadi guru, teman sebaya berpengaruh positif dan signifikan terhadap pilihan karir menjadi guru, dan hasil uji f menunjukkan bahwa secara simultan pengaruh pengenalan lapangan persekolahan (PLP), lingkungan keluarga dan teman sebaya berpengaruh dan signifikan terhadap pilihan karir menjadi guru pada mahasiswa.
Kata kunci: Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP), Lingkungan Keluarga, Teman Sebaya, Pilihan Karir Menjadi Guru.
THE INFLUENCE OF INTRODUCTION TO THE SCHOOL FIELD (PLP), FAMILY ENVIRONMENT AND PEERS ON THE CAREER CHOICE OF BECOMING A TEACHER IN STUDENTS
This Research aims to determine the influence of introduction to the school field (PLP), family environment, and peers on students’ career choices to become teachers. This research uses an explanatory method with a quantitave approach. The sample in this study was all students of the bacelor of Education Study Program, Faculty of Economics and Business, Class of 2020. The sample for this study used Proportional Random Sampling. The data collection techniques used in this research used interviews, questionnaires and documentation. The data analysis method used is multiple linear regression analysis using the Statistical Package for the Social Science (SPSS) software version 20. The results of the t test in this study show that the introduction of the school field (PLP) has a positive and significant effect on career choices to become a teacher and the environment. Family has a positive and significant influence on the career choice of becoming a teacher, and the results of the f test show that simultaneously the influence of introduction to the school field (PLP), family environment and peers has a significant and significant influence on career choice become a teacher to students.
Keyword: Introduction to the Schooling Field (PLP), Family Environment, Peers, Career Choices to Become a Teacher.