Hubungan Antara Youtube Konten Game dengan Kesantunan Berbahasa Anak Usia 5-6 Tahun
The Relationship Between Youtube Game Content and Language Politeness for Children aged 5-6 Years
Penelitian korelasi ini diangkat dari latar belakang perilaku anak yang menonton youtube konten game dengan kesantunan berbahasa sehari-hari yang digunakannya. Dilakukannya penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan antara youtube konten game dengan kesantunan berbahasa anak usia 5-6 tahun. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif korelasional yang mempunyai jumlah sampel sebanyak 52 anak berusia 5-6 tahun yang bersekolah di TK Muslimat NU 74 Ketegan dan TK Muslimat NU 36 Menyanggong. Penelitian ini menggunakan analisis data korelasi product moment dengan uji prasyarat, uji normalitas, dan uji linearitas. Hasil dari penelitian diketahui bahwa terdapat hubungan antara Youtube konten game dengan kesantunan berbahasa anak usia 5-6 tahun, atau bisa dijelaskan bahwa Ha diterima dan Ho ditolak karena nilai hasil r pearson correlation adalah 0,763 dalam rentang r pearson correlation (0,61-0,80) yang artinya antara variabel X (Youtube konten game) dan variabel Y (kesantunan berbahasa) termasuk kategori memiliki hubungan besar atau kuat. Peneliti juga menemukan temuan yang lain yaitu, hubungan kedua variabel ini juga memiliki sisi positif. Anak memiliki kosa kata yang lebih banyak, anak juga mengenal dan memahami beberapa kata dalam bahasa Inggris. Hal ini ditunjukkan oleh anak ketika di sekolah, anak lebih aktif mengungkapkan perasaan dan pendapatnya.
This correlation study was taken from the behavioral background of children watching Youtube game content with the politeness of the everyday language they use. This study aims to determine whether there is a relationship between Youtube game content and politeness in the language of children aged 5-6 years. This research uses correlational quantitative research which has a sample of 52 children aged 5-6 years who attend TK Muslimat NU 74 Ketegan and TK Muslimat NU 36 Menyanggong. This research uses product-moment correlation data analysis with a prerequisite test, normality test, and linearity test. The results of the study show that there is a relationship between Youtube game content and politeness in the language of children aged 5-6 years, or it can be explained that Ha is accepted and Ho is rejected because the result value of r Pearson correlation is 0.763 in the range of r Pearson correlation (0.61-0, 80) which means that the variable X (Youtube game content) and variable Y (politeness of language) is included in the category of having a large or strong relationship. The results of field observations indicate that the researcher found another finding, namely, the relationship between these two variables also has a positive side. Children have more vocabulary, and children also know and understand some words in English. This is shown by children when at school, children are more active in expressing their feelings and opinions.