PEMANFAATAN MEDIA SCRAPBOOK UNTUK KONSENTRASI BELAJAR ANAK DENGAN SPEKTRUM AUTIS
THE USE OF SCRAPBOOK MEDIA FOR LEARNING CONCENTRATION OF CHILDREN WITH AUTISM SPECTRUM
Rendahnya konsentrasi belajar anak autis di karenakan kurangnya media pembelajaran yang inovatif. Untuk itu diperlukan suatu media pembelajaran yang menarik dan disesuaikan dengan karakteristik serta kebutuhan belajar anak. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan prosedur pemanfaatan media scrapbook untuk konsentrasi belajar anak dengan spektrum autis. Jenis penelitian yang digunakan ialah kualitatif deskriptif dengan metode penelitian literature review, untuk menggali sumber-sumber artikel atau jurnal, prosiding yang terindeks nasional dan internasional serta buku yang relevan. Tahapan yang dilakukan dalam penelitian ini meliputi identifikasi masalah, pencarian data, pemilihan data, analisis data serta penyusunan artikel. Sumber pencarian data dalam penelitian ini menggunakan platform digital dari, SINTA, GARUDA, Google Scholar, Crossref, dan Perpustakaan Nasional RI. Teknik analisis data menggunakan kualitatif deskriptif untuk mengkaji temuan dari setiap artikel atau jurnal. Hasil temuan penelitian dalam pemanfaatan media scrapbook untuk konsentrasi belajar anak dengan spektrum autis melalui prosedur sebagai berikut: (1) Menciptakan lingkungan yang kondusif dan menyenangkan; (2) Menyampaikan tujuan pembelajaran; (3) Memperkenalkan pada siswa terkait media scrapbook; (4) Menjelaskan tentang materi yang akan dipelajari; (5) Memberikan beberapa pertanyaan sederhana sesuai dengan materi; (6) Berikan reward; (7) Meminta siswa untuk memegang sebuah gambar dan menyebutkan nama gambar tersebut; (8) Berikan pengulangan; (9) Penilaian autentik. Berdasarkan pemanfaatan media scrapbook untuk konsentrasi belajar anak dengan spektrum autis ini dipergunakan untuk pembelajaran IPA tentang vertebrata, sel tumbuhan dan fluida statis, Matematika tentang bangun datar, Tematik tentang makanan sehat dan rumah adat Indonesia, IPS tentang kemerdekaan Indonesia dan tenaga endogen.
Kata kunci: Media Scrapbook, Konsentrasi Belajar, Autis
The low learning concentration of autistic children is due to the lack of innovative learning media. For that we need an interesting learning media and adapted to the characteristics and learning needs of children. This study aims to describe the procedure for using scrapbook media to concentrate on learning for children with the autistic spectrum. The type of research used is descriptive qualitative with literature review research methods, to explore the sources of articles or journals, national and international indexed proceedings and relevant books. The stages in this research include problem identification, data search, data selection, data analysis and article preparation. Sources of data search in this study using digital platforms from, SINTA, GARUDA, Google Scholar, Crossref, and the National Library of Indonesia. The data analysis technique used descriptive qualitative to examine the findings of each article or journal. The results of research findings in the use of scrapbook media for learning concentration of children with autism spectrum through the following procedures: (1) Creating a conducive and fun environment; (2) Delivering learning objectives; (3) Introducing students to scrapbook media; (4) Explaining the material to be studied; (5) Give some simple questions according to the material; (6) Give rewards; (7) Ask students to hold a picture and name the picture; (8) Give repetition; (9) Authentic assessment. Based on the use of scrapbook media for learning concentration of children with autism spectrum, it is used for science learning about vertebrates, plant cells and static fluids, Mathematics about flat shapes, Thematics about healthy food and Indonesian traditional houses, Social Studies about Indonesian independence and endogenous energy.
Keyword: Scrapbook Media, Learning Concentration, Autis