RASIONALITAS PELAKSANAAN INTERNSHIP PROGRAM PADA SEKOLAH BERBASIS AGAMA
RATIONALITY OF THE IMPLEMENTATION OF INTERNSHIP PROGRAM IN RELIGION BASED SCHOOL
SMP Islam Manbaul Ulum memiliki program sekolah yang menarik untuk tingkat sekolah menengah pertama. Program tersebut adalah Internship Program, program yang mendatangkan mahasiswa atau mahasiswi bahkan bisa seorang aktifis dari luar negeri untuk bisa magang disekolah. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menjelaskan mengenai rasionalitas Internship Program dan pelaksanaannya pada sekolah berbasis agama. Peneliti menggunakan teori rasionalitas yang dikemukakan oleh Max Weber sebagai dasar analisis data. Penelitian ini hanya menggunakan 2 tipe rasionalitas, yakni rasionalitas instrumental dan rasionalitas nilai/tujuan. Hal tersebut dikarenakan karena temuan data yang ditemukan oleh peneliti dalam proses penelitian hanya mengarah pada tipe rasionalitas instrumental dan rasionalitas nilai/tujuan. Penelitian ini menggunakan jenis metode penelitian kualitatif, dengan menggunakan pendekatan verstehen. Penggunaan pendekatan tersebut memiliki tujuan yakni agar kedekatan antara informan dengan peneliti bisa terjalin dengan baik, sehingga bisa memperoleh data terperinci sesuai dengan fenomena. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Internship Program memberikan dampak positif bagi seluruh warga sekolah dalam menumbuhkan atmosfer berbahasa Inggris.
Kata Kunci: Internship Program, Max Weber, Bahasa Inggris
Manbaul Ulum Islamic Middle School has an interesting school program for junior high school level. The program is the Internship Program, a program that brings students or even an activist from abroad to get an internship at school . The purpose of this study is to explain the rationality of the Internship Program and its implementation in religion-based schools. Researchers use the theory of rationality proposed by Max Weber as the basis for data analysis. This study only uses 2 types of rationality, namely instrumental rationality and value/purpose rationality. That is because the data findings found by researchers in the research process only lead to the type of instrumental rationality and value/purpose rationality. This study uses qualitative research methods, using the Verstehen approach . The use of this approach has the goal that is that the closeness between informants and researchers can be intertwined well, so they can obtain detailed data in accordance with the phenomenon. The results showed that the Internship Programhas a positive impact on all school members in developing an English-speaking atmosphere.
Keywords: Internship Program, Max Weber, English