Uang sebagai alat tukar pada dasarnya dibentuk ke dalam bentuk fisik seperti uang logam maupun uang kertas. Namun seiring berjalannya teknologi terciptalah pembayaran elektronik atau pembayaran non-tunai untuk menggantikan uang fisik untuk meningkatkan efisiensi pembayaran.
Untuk meningkatkan efisiensi pembayaran yang terjadi pada Kantin Baseball UNESA, yang dimana saat ini masih dilakukan pembayaran secara manual serta menimbulkan antrian yang panjang, dibuat aplikasi kantin dengan e-wallet untuk memudahkan pembayaran dan pencatatan kantin baseball UNESA. Aplikasi dapat dijalankan pada perangkat mobile dengan sistem operasi android maupun iOS dengan menggunakan framework react-native. Aplikasi ini memberikan informasi produk-produk yang ada pada kantin baseball UNESA, serta menyediakan fungsi untuk melakukan pembelian dan melakukan pembayaran secara langsung.
Pengujian dilakukan dengan cara black box testing. Hasil dari pengujian mencapai hasil yang cukup memuaskan dengan tingkat kepuasan responden yang cukup tinggi dan aplikasi dapat dijalankan dengan baik.
Kata kunci : Aplikasi Kantin, React-Native, E-Wallet, Android, iOS.
Money as a medium of exchange is basically formed into physical forms such as coins and paper money. However, as technology progresses, electronic payments or non-cash payments are made to replace physical money to improve payment efficiency.
To improve the efficiency of payments that occurred at the UNESA Baseball Canteen, where payments are still being made manually and cause long queues, a canteen application with e-wallet was made to facilitate payment and recording of UNESA baseball canteens. Applications can be run on mobile devices with the Android or iOS operating systems using react-native framework. This application provides information on products that are in the UNESA baseball canteen, and provides a function to make purchases and make payments directly.
Testing is done by means of black box testing. The results of the tests achieved satisfactory results with a high level of respondents' satisfaction and the application could be run well.
Keywords: Canteen Application, React-Native, E-Wallet, Android, iOS.