Relevansi Lagu Hujan Rintik-Rintik Karya A.T. Mahmud terhadap Pembelajaran Tematik di Sekolah Dasar (SD)
The relevance of the song Hujan Rintik-Rintik by A.T. Mahmud on Thematic Learning in Elementary Schools
Penelitian ini merelevansikan lagu Hujan Rintik-Rintik pada pembelajaran tematik 8, yaitu peristiwa alam pada pelajaran seni budaya dan prakarya, diambil pada kompetensi dasar 3.2 dan 4.2 kelas 1 SD, mengenal dan meniru elemen musik melalui lagu. Tujuan penelitian ini ialah menganalisis struktur lagu dan lirik lagu serta relevansinya pada proses belajar tematik siswa kelas 1 SD YBPK Sidorejo II. Metode penelitian menggunakan metode campuran sekuensial memadukan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan teknik wawancara terstruktur dan observasi dari data primer didapat dari sepuluh informan dan sumber data sekunder bersumber dari silabus dan buku yang berhubungan dengan lagu dan pembelajaran tematik.
Hasil penelitian ini adalah analisis struktur lagu terdiri dari 2 bagian kalimat, 4 frase, 5 bagian motif dan frasering yang baik. Analisis struktur lirik memiliki fonetis yang baik, menggunakan gaya bahasa perbandingan dengan majas personifikasi dan menggunakan kalimat deskriptif. Relevansi struktur lagu dan lirik terhadap pembelajaran tematik ialah kemampuan anak menjangkau melodi 95%, menyanyikan lagu sesuai ritmis 94,16% dan kemampuan anak dalam menyanyikan lagu sesuai dengan irama 92,33%, sehingga kemampuan anak dalam kategori sangat baik. Fakta ini didukung hasil penelitian menjangkau melodi, menyanyikan sesuai ritmis dan tempo dinyanyikan dengan benar.
Kata kunci: Relevansi, Lagu Hujan Rintik-Rintik, Pembelajaran tematik.
This research is relevant to the song Hujan Rintik-Rintik on thematic learning 8, namely natural events in the learning of art and culture and crafts, taken on the basic competencies of 3.2 and 4.2 grade 1 elemntary schools, recognizing and imitacing musical elements though sounds. The purpose of this study is to analyze clearly the structure of music and lyrics and their relevance to the thematic learning process of grade 1 students at SD YBPK Sidorejo II. The research method uses a sequential mixed method combining qualitative and quantitative research. Data collection uses structured interview techniques and observations from primary data obtained from ten informants and secondary data sources sourced from syllabus and books related to songs and thematic learning.
The results of this study are the analysis of song structure consisting of 2 part sentences, 4 phrase, 5 parts motifs and good phrasing. Analysis of the structure of the lyrics have a good phonetic, using comparative language style with personification and using descriptive sentences. The relevance of song structure and lyrics to thematic learning is the ability of children to reach melody 95%, singing songs according to rhythmic 94.16% and the ability of children to sing songs according to the rhythm of 92.33%, so that the ability of children in the category is very good. This fact is supported by the results of research reaching melodies, singing according to rhythmic and tempo being sung properly.
Keywords: Relevance, Hujan Rintik-Rintik song, Thematic learning.