ABSTRAK
PENGEMBANGAN MEDIA PERMAINAN
KAPIKA (KARPET PIJAK MATEMATIKA)
SEBAGAI PENGENALAN JENIS-JENIS BANGUN DATAR
DI SEKOLAH DASAR
Nama : Galih Majesty Erawan
NIM : 15010644093
Program Studi : S-1
Jurusan : Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd.
Belajar dan bermain adalah dua hal yang berbeda namun keduanya dapat dipadukan menjadi sebuah kegiatan belajar sambil bermain. Hal yang paling mudah adalah melalui media karena memiliki bentuk yang kongkret dengan arahan yang jelas. Oleh karena itu, peneliti ingin membantu menyediakan media yang dapat digunakan untuk belajar sambil bermain melalui pelaksanaan penelitian: “Pengembangan media permainan KAPIKA (Karpet Pijak Matematika) Sebagai Pengenalan Jenis-Jenis Bangun Datar di Sekolah Dasar”.
Proses pengembangan media KAPIKA menggunakan model pengembangan ADDIE, dengan 4 tahapan yang dilengkapi dengan evaluasi pada setiap akhir tahapannya. Tingkat kevalidan materi dan media dari proses pengembangan media KAPIKA dinilai menggunakan lembar validasi terhadap ahli materi dan media. Pada tahapan implementasi, data diperoleh menggunakan instrument pengumpulan data yang berupa: lembar kuisioner dan lembar observasi. Selanjutnya diolah dalam bentuk data kuantitatif berupa persentase dan data kualitatif berupa deskripsi media dan respon dari pengguna.
Hasil dari penelitian tersebut, dapat dijabarkan sebagai berikut; Tingkat kevalidan dari media permainan KAPIKA, dilihat dari 3 tahapan pengujian kepada para ahli. Kevalidan dari ahli materi sebesar 95,83%. Kevalidan dari ahli media sebesar 95%. Kevalidan dari instrument pengumpulan data 93,18% pada lembar kuisioner dan 94,44% pada lembar observasi. Tingkat kelayakan media permainan KAPIKA sebesar 73,86% sehingga dikategorikan layak dan didukung dengan hasil pada lembar observasi yang menyatakan bahwa semua aspek yang dinilai dapat terlaksana dengan tepat dan runtut.
Kata kunci: Pengembangan media, Permainan, KAPIKA, Matematika, Bangun Datar.
ABSTRACT
THE DEVELOPMENT OF THE KAPIKA GAME MEDIA (MATHEMATICS MAT)
AS AN INTRODUCTION TO THE TYPES OF FLAT SHAPES
IN ELEMENTARY SCHOOL
Name : Galih Majesty Erawan
SRN : 15010644093
Program Study : S-1
Major : Elementary School Teacher Education
Faculty : Education Science
Institution : State University of Surabaya
Advisor : Ika Rahmawati, S.Si., M.Pd.
Learning and playing are two different things, but both can be combined into a learning activity while playing. The easiest thing is through the media because it has a concrete form with clear directions. Therefore, the researcher wants to help provide a media that can be used for learning while playing through research: "Development of KAPIKA game media (Maths-Based Carpet) as an Introduction to Types of Flat Builds in Elementary Schools".
KAPIKA's media development process uses the ADDIE development model, with 4 stages that are completed with evaluations at the end of each stage. The level of material and media validity of the KAPIKA media development process was assessed using a validation sheet with material and media experts. At the implementation stage, data were obtained using data collection instruments in the form of: questionnaire sheets and observation sheets. Furthermore, it is processed in the form of quantitative data in the form of a percentage and qualitative data in the form of media descriptions and responses from users.
The results of the study, can be described as follows; The validity level of the KAPIKA game media, seen from 3 stages of testing to the experts. The validity of material experts is 95.83%. The validity of media experts is 95%. The validity of the data collection instruments was 93.18% on the questionnaire sheet and 94.44% on the observation sheet. The feasibility level of KAPIKA media is 73.86% so that it is categorized as feasible and supported by the results on the observation sheet stating that all aspects assessed can be carried out appropriately and coherently.
Keywords: Media development, Games, KAPIKA, Mathematics, Flat Build.