ABSTRAK
Perkembangan IPTEK yang semakin maju menuntut seorang guru untuk mengikuti perkembangan tegnologi dan memanfaatkan multimedia sebagai media pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan deskripsi mengenai kevalidan Media pembelajaran telegram serta mengetahui pengaruh pada kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama.Dengan membuat media pembelajaran berupa aplikasi android berupa telegram siswa diharapkan dapat belajar secara mandiri.
Metode yang digunakanidalamepenelitianumenggunakanemodel R&D dengan rancangan penelitian ADDIE yaitu tahap analysis, design (perancangan), development (pembuatan) , implementasi, dan evaluasi.
Hasilapenelitian menunjukanobahwa mediakpembelajaranoberupa aplikasi android berupa telegram berdasarkan hasil kevalidan oleh ahli media mendapatkan presentase 95% dengan kategori sangat valid, ahli materi menilai sangat valid dengan presentase 85%,sedangkan untuk hasil belajar dari 30 siswa memiliki presentase total 93,33% Sehingga berdasarkan prosentase pencapaian nilai tersebut termasuk pada interpretasi 81% -100%. Dengan demikian media pembelajaran menggunakan aplikasi telegram berpengaruh terhadapa hasil belajar siswa kelas XI Tata busana SMKN 1 Buduran pada kompetensi mengidentifikasi jenis bahan utama pada busana.
Kata Kunci:Penerapan media Pembelajaran,Telegram, Mengidentifikasi jenis bahan utama.
ABSTRACT
The massive development of science and technology requires a teacher keeping up with technology and utilize multimedia as a learning media. The purpose of this study is to obtain a description of the telegram’s validityas a learning media and to know its effect on competency in identifying the main types of material. By making a learning media in the form of an android application in the form of a telegram, students are expected to learn independently.
The method which is used in this research is R&D model with ADDIE (analysis, design, development, implementation, and evaluation) research plan.
Result shows that learning media using android application, Telegram, based on the expert in media gets percentage 95% which is categorized as very proper, 85% from expert in material which is also categorized as very proper, and students give percentage 92% for the quality of the media which is very proper.As for the learning outcomes of 30 students, they have a total percentage of 93.33%. So, based on the percentage of achievement of these values, it is included in interpretation of 81% -100%. Thus, learning media using telegram applications affect the learning outcomes of class XI students of fashion at SMK 1 Buduran on competence in identifying the main types of material in fashion design.
Keywords: Aplication of learning media, Telegram, identifies primary type of material