Perkembangan teknologi juga mendasari mulai berkembangnya cara sebuah perushaan membangun sebuah citra maupun memperkenalkan produknya pada khalayak. Membuat banyak produsen terutama produsen produk kecantikan atau kosmetik memanfaatkan kemajuan teknologi dengan memakai jasa promosi endorsement secara digital sebagai alat pendukung dimedia periklanan untuk mengulas dan memperkenalkan produknya. Oleh karena itu, dalam penelitian ini untuk mengetahui pengaruh dari celebrity endorser Tasya Farasya dalam mempengaruhi terhadap keputusan pembelian makeup pada viewers video milik akun Tasya Farasya yang berdasarkan dari teori Kredibilitas Sumber (Hovland Janis & Kelley) dan teori keputusan pembelian (Philip Kottler). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Apakah Celebrity Endorser Tasya Farasya dapat mempengaruhi keputusan pembelian produk makeup. Peneliti mengunakan metode penelitian dengan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian ini menggunakan metode survey. Dengan meneliti serta menguji suatu teori atau hipotesis untuk memberikan penjelasan antar variabel yang ada, serta dalam pengujian data dibantu dengan aplikasi SPSS. Hasil yang didapat adalah dari beberapa faktor yang ada seperti Trustworthiness(X1), Expertise(X2), Attraction(X3), Respect(X4), Similarity(X5) dapat mempengaruhi Keputusan Pembelian pada viewers pada akun YouTube celebrity endorser Tasya Farasya terhadap produk kecantikan atau kosmetik.
Kata kunci: Celebrity Endorser, Keputusan Pembelian.
Technological developments also underlie the start of the development of a company to build an image and introduce its products to the public. Make many manufacturers, especially manufacturers of beauty or cosmetic products, take advantage of technological advances by using digital endorsement promotion services as a supporting tool in advertising media to review and introduce their products. Therefore, in this study to find out the influrnce of Tasya Farasya beauty vlogger in influencing the purchase decision of beauty products in the video viewers belonging to the Tasya Farasya account based on Source Credibility theory (Hovland Janis & Kelley) and purchasing decision theory (Philip Kottler). This study aims too determine whether Beauty Vlogger Tasya Farasya can influence purchasing decisions on beauty products or cosmetics. The researcher uses the research method with a quantitative approach and this type of research uses the survey method. By researching and testing theory or hypothesis to provide an explanation between existing variables, as well as in testing data aided by the application of SPSS. The result obtained fromseveral factors such as Trustworthiness (X1), Expertise X2), Attraction (X3), Respect (X4), Similarity (X5) can influence Purchasing Decisions on viewers on YouTube beauty vlogger Tasya Farasya account for beauty product or cosmetic.
Keywords: Celebrity Endorser, Purchase Decision.