Penelitian
ini bertujuan untuk meng hasilkan
suatu produk multimedia interaktif berbasis aplikasi android yang layak dan
efektif untuk digunakan pada materi jenis – jenis kamera dan alat bantu
fotografi mata pelajaran Desain Grafis Percetakan kelas XI Multimedia SMK
Negeri 4 Surabaya. Model
pengembangan yang digunakan pada penelitian ini ialah model ADDIE (Analyze,
Design, Development, Implementation, Evaluate) dengan subjek penelitian kelas
XI Multimedia SMK Negeri 4 Surabaya yang berjumlah 34 peserta didik. Desain
penelitian yang digunakan ialah one grup
pre-test post-test dan teknik pengumpulan data yang digunakan ialah angket
dan tes. Teknik analisis data menggunakan rumus skala likert dan uji
normalitas, uji T, dan N-Gain.
Berdasarkan analisis data, diperoleh hasil sebagai berikut:
(a) hasil presentase dari ahli desain pembelajaran: 100% yang termasuk
pada kategori sangat baik , (b)
Hasil presentase a hli materi terkait instrumen tes: 93,18% yang termasuk
pada kategori sangat baik, (c) Hasil presentase ahli materi: 97,50% yang
termasuk pada kategori sangat baik, (d) Hasil presentase ahli media: 100% yang
termasuk pada kategori sangat baik. Selain itu pada uji coba perorangan
diperoleh hasil sebesar 94,84% yang termasuk pada kategori sangat baik, uji
coba kelompok kecil diperoleh hasil sebesar 93,05% yang termasuk pada kategori
sangat baik dan pada uji coba kelompok besar diperoleh hasil sebesar 94,47%
yang termasuk pada kategori sangat baik. Berdasarkan hasil analisis data
tersebut dapat disimpulkan bahwa multimedia interaktif berbasis aplikasi
android yang dikembangkan layak digunakan dalam pembelajaran materi jenis – jenis kamera dan alat bantu fotografi mata
pelajaran Desain Grafis Percetakan untuk peserta didik kelas XI Multimedia di
SMK Negeri 4 Surabaya.
Berdasarkan analisis data pre-test dan post-test pada rumus uji T, didapatkan thitung sebesar 29,141. Kemudian nilai tersebut dikorelasikan dengan ttabel
dengan taraf signifikan 5% dari db = 34 – 1 = 33, yakni 1, 692. Dapat
dinyatakan bahwa thitung lebih besar dari ttabel dengan
perbandingan angka 29,141 > 1, 692, sehingga dapat dinyatakan bahwa terdapat
perbedaan
yang signifikan atau penggunaan multimedia interaktif
berbasis aplikasi android yang dikembangkan efektif untuk
meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas XI Multimedia SMK Negeri 4 Surabaya pada materi jenis – jenis
kamera dan alat bantu fotografi dengan besaran pengaruh sebesar 0,71 dan masuk pada kategori tinggi.
Kata
kunci: Pengembangan, Multimedia Interaktif
Berbasis Aplikasi Android, Jenis – Jenis Kamera dan Alat Bantu Fotografi,
Desain Grafis Percetakan, Hasil Belajar