Salah satu tujuan belajar matematika bagi siswa adalah untuk memiliki keterampilan dalam memecahkan masalah yang dekat dengan kehidupan. Semakin kompleks masalah dan karena keterbatasan otak manusia, kecil kemungkinan bahwa seseorang dapat dengan mudah menangani tantangan hanya dengan menggunakan kemampuan internal. Cara seseorang merepresentasikan atau membingkai masalah bagi diri mereka sendiri menjadi kunci penting dalam pemecahan masalah. Representasi terbagi menjadi representasi verbal, visual, dan simbolik. Salah satu hal yang mengacu pada kecenderungan individu dan pendekatan individu dalam mengorganisasi dan merepresentasi ialah gaya kognitif.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Tujuan dari penilitian ini adalah untuk mendeskripsikan profil representasi siswa dalam memecahkan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent. Subjek pada penelitian ini ialah 2 siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo tahun ajaran 2018/2019 yang ditentukan berdasarkan gaya kognitif Field Dependent dan Field Independent dengan kontrol kesetaraan kemampuan matematika dan kesamaan jenis kelamin untuk menghindari adanya kecenderungan faktor lain dari diri siswa yang memungkinkan dapat mempengaruhi representasi subjek tidak berdasarkan gaya kognitif. Berdasarkan tujuan penelitian, maka digunakan instrumen pendukung berupa Group Embedded Figure Test dan Tes Kemampuan Matematika untuk menentukan subjek serta Tugas Pemecahan Masalah dan pedoman wawancara untuk mendeskripsikan profil reperesentasi matematika siswa dalam pemecahan masalah ditinjau dari gaya kognitif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa profil representasi matematika siswa dalam pemecahan masalah matematika ditinjau dari gaya kognitif ialah, (1) siswa dengan gaya kognitif Field Independent dapat memecahkan masalah matematika melibatkan representasi visual pada tahap memahami masalah dan membuat rencana; representasi verbal pada tahap memeriksa kembali; dan representasi simbolik pada tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali, (2) siswa dengan gaya kognitif Field Dependent dapat memecahkan masalah matematika melibatkan representasi visual pada tahap memahami masalah; representasi verbal pada tahap membuat rencana dan memeriksa kembali; dan representasi simbolik pada tahap memahami masalah, membuat rencana, melaksanakan rencana, dan memeriksa kembali.
One of the objectives mathematics learning for students is to get the ability to solve problems which connected with their daily life. Because of the problem complexity and limitations of human thought, it is hard for human to solve the problem only with their internal ability. The methods to represents and describe their own problem of an individual might be important while solving a problem. Representation is divided into verbal representation, visual representation, and symbolic representation. One of the matters that refers to individual tendencies and individual approaches to organizing and representing is known as cognitive style.
This study belong to the descriptive research with qualitative approach. The objectives of this study are to describe the student mathematical representation profile in problems solving based on the Field Dependent and Field Independent cognitive style. The subjects in this study were two students of eleventh grades of Sidoarjo State High School 3 at year 2018/2019 which were selected based on the cognitive style of Field Dependent and Field Independent with control of equality of mathematical abilities and gender. This controls uses to avoid the tendency of other factors from the students that can influence the representation of the subjects exceeding their cognitive style. Based on the objectives of the study, Group Embedded Figure Test and Mathematics Ability Test were used to determine the subject. Moreover, the Problem Solving Task and the interview guidelines was used to describe the mathematical representation profile of students in problem solving based on cognitive styles.
Result of this study showed that the profile of students is mathematical representation in mathematical problem solving based on cognitive style was, (1) student with Field Dependent's cognitive style could solve mathematical problems involved verbal representation in understanding the problem and making a plan; verbal representation in looking back; and symbolic representation in understanding the problem, making a plan, carrying out the plan, and looking back, (2) student with Field Independent's cognitive style could solve mathematical problems involved visual representation in understanding the problem; verbal representation in making a plan and looking back; and symbolic representation in understanding the problem, making a plan, carrying out the plan, and looking back.
Keywords: Mathematical Representation, Problem Solving, Field Dependent, Field Independent.