STUDI KINERJA PEMASARAN EDEL CACAO: PERAN KUALITAS PRODUK DAN HARGA
A STUDY OF EDEL CACAO MARKETING PERFORMANCE: THE ROLE OF PRODUCT QUALITY AND PRICES
Penelitian ini bertujuan untuk menyelidiki dampak bauran pemasaran kualitas produk dan harga pada kinerja penjualan yang didekomposisi menjadi volume penjualan, jumlah konsumen, dan tingkat pembelian per konsumen, menggunakan data longitudinal. Penelitian ini menganalisis fenomena penurunan penjualan Edel Cocoa di PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) selama lima tahun berturut-turut dari 2014-2018 melalui strategi implementasi kualitas produk dan harga dengan total 253 produk terjual dan 241 transaksi pembelian konsumen. Menggunakan tiga metode generalized estimating equations pada tingkat kesalahan (α) = 5%. Hasilnya menunjukkan bahwa bauran pemasaran kualitas produk dan harga memiliki pengaruh yang kuat pada volume penjualan dan tingkat pembelian per konsumen. Namun, bauran pemasaran kualitas produk dan harga tidak memiliki dampak signifikan pada jumlah konsumen. Bauran pemasaran kualitas produk dan harga secara simultan dapat menjelaskan kinerja penjualan sebesar 14,5% sedangkan 85,5% sisanya dijelaskan oleh faktor-faktor lain yang tidak termasuk dalam model penelitian ini.
This study aims to investigate the marketing mix impact of product quality and prices on sales performance which is decomposed into the volume of sales, the volume of consumers, and volume bought each consumer, using longitudinal data. This study analyzes the decline sales phenomenon of Edel Cocoa in PT Perkebunan Nusantara XII (Persero) for five years in a row from 2014-2018 through the implementation strategy of product quality and price, with total 253 products sold and 241 consumer purchase transactions. Using three generalized estimating equations method at the real level (α) = 5%. The result indicates that the marketing mix of product quality and prices have a strong impact on sales volume and volume bought each consumer. However, the marketing mix of product quality and prices don't have a significant impact on the volume of consumers. The marketing mix of quality products and prices simultaneous in explaining sales performance is at 14.5% while the remaining 85.5% is explained by other factors not included in this research model.