Student Achievement Motivation in Participating Futsal Extracurricular Activities at SMA BIMA Ambulu
Keberhasilan suatu program ekstrakurikuler ditentukan oleh beberapa faktor salah satunya motivasi berprestasi. Motivasi berprestasi adalah jenis motivasi yang mendorong orang untuk berprestasi dan memusatkan perhatian pada pencapaian tujuan dalam sebuah kompetisi. Adanya siswa yang berlatih malas-malasan, berbicara sendiri, tidak mengikuti instruksi pelatih dan datang terlambat mempengaruhi motivasi berprestasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Teknik pengambilan data penelitian menggunakan angket. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas X (sepuluh) dan XI (sebelas) yang mengikuti ekstrakurikuler futsal. Jumlah sampel penelitian sebanyak 31 siswa-siswi. Hasil penelitian menunjukkan motivasi berprestasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler futsal di SMA BIMA Ambulu dalam kategori tinggi yaitu 24 responden atau 77,4% kategori tinggi dan 7 responden atau 22,6% kategori cukup tinggi. Motivasi intrinsik siswa dikategorikan tinggi dimana 26 responden atau 83,3% kategori tinggi dan 5 responden atau 16,1% kategori cukup tinggi. Untuk motivasi ekstrinsik siswa dikategorikan tinggi dimana 21 responden atau 67,7% kategori tinggi dan 10 responden atau 32,3% kategori cukup tinggi.
Kata Kunci : Motivasi Berprestasi, Ekstrakurikuler Futsal
The success of an extracurricular program is determined by several factors, one of which is achievement motivation. Achievement motivation is a type of motivation that encourages people to excel and focus on achieving goals in a competition. The existence of students who run lazily, talk to themselves, do not follow the coach's instructions and arrive late affects the students' achievement motivation in participating in extracurricular futsal activities. This study uses a quantitative descriptive method. The research data collection technique used a questionnaire. The population in this study were students in grades X (ten) and XI (eleven) who participated in extracurricular futsal. The number of research samples was 31 students. The results showed that students' achievement motivation in participating in extracurricular futsal activities at SMA BIMA Ambulu was in the high category, namely 24 respondents or 77.4% in the high category and 7 respondents or 22.6% in the high enough category. Students' intrinsic motivation is categorized as high where 26 respondents or 83.3% are in the high category and 5 respondents or 16.1% are in the moderately high category. For extrinsic motivation, students are categorized as high where 21 respondents or 67.7% are in the high category and 10 respondents or 32.3% are in the moderately high category.
Keywords : Achievement Motivation, Extracurricular Futsal