IMPLEMENTASI KEGIATAN JURNAL PAGI UNTUK MENUMBUHKAN KEMAMPUAN MENGENAL ANGKA DAN MENGENAL HURUF PADA ANAK USIA 4-5 TAHUN
IMPLEMENTATION OF MORNING JOURNAL ACTIVITIES TO GROW THE ABILITY OF RECOGNIZING NUMBERS AND LETTER RECOGNITION IN CHILDREN AGED 4-5 YEARS
ABSTRAK
Khoirotul Ula. 2023. Implementasi Kegiatan Jurnal Pagi untuk Menumbuhkan Kemampuan Mengenal Angka dan Mengenal Huruf Pada Anak Usia 4-5 Tahun. Tesis, Program Studi S2 Pendidikan Dasar Konsentrasi PAUD, Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing (1) Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M.Kes dan (2) Dr. Umi Anugerah Izzati, M. Psi, Psikolog
Kata Kunci : Jurnal Pagi, Mengenal Angka, Mengenal Huruf
Penelitian implementasi kegiatan jurnal pagi ini berfokus pada menumbuhkan kemampuan mengenal angka dan huruf untuk mengetahui dampak implementasi kegiatan jurnal pagi pada anak usia 4-5 tahun di TK Mahardika Surabaya. Penelitian ini didasarkan pada hasil observasi awal yang menunjukkan bahwa terdapat beberapa anak yang kurang tertarik dalam mengenal angka dan huruf, sehingga perlu untuk diberi kegiatan yang lebih menyenangkan dan disukai oleh anak dalam proses belajar.
Penelitian ini dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif yang menggambarkan data dalam bentuk analisis yang bersifat narasi dan deskripsi. Perkembangan yang akan dikembangkan adalah aspek perkembangan kognitif khususnya pada angka dan aspek bahasa khususnya pada mengenal huruf untuk anak usia 4-5 tahun di TK Mahardika sebanyak 10 anak. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk memperkuat hasil penelitian.
Hasil penelitian di TK Mahardika Surabaya, menunjukkan bahwa anak tertarik dengan kegiatan jurnal pagi sehingga menghasilkan karya sesuai dengan keinginannya dan menjadikan anak semangat untuk mengenal dan menulis simbol-simbol keterangan pada hasil jurnal yang telah dibuatnya. Penelitian ini diharapkan dapat memanfaatkan kegiatan jurnal pagi sebagai salah satu kegiatan pembelajaran yang efektif dalam menumbuhkan kemampuan mengenal angka dan huruf anak usia 4-5 tahun.
ABSTRACT
Khoirotul Ula. 2023. Implementation of Morning Journal Activities to Grow the Ability to Recognize Numbers and Recognize Letters in Children Aged 4-5 Years. Thesis, Master of Basic Education Study Program, PAUD Concentration, Faculty of Education, Surabaya State University. Advisor (1) Prof. Dr. Hj. Rachma Hasibuan, M. Kes and (2) Dr. Umi Anugerah Izzati, M. Psi, Psychologist
Keywords: Morning Journal, Recognizing Numbers, Recognizing Letters
Research on the implementation of morning journal activities focuses on growing the ability to recognize numbers and letters to determine the impact of using morning journal activities on children aged 4-5 years at Mahardika Kindergarten Surabaya. This research is based on the results of preliminary observations which show that there are some children who are less interested in getting to know numbers and letters, so it is necessary to be given activities that are more fun and liked by children in the learning process.
The research was carried out using a descriptive qualitative approach which described the data in the form of narrative analysis and description. Developments that will be developed are aspects of cognitive development, especially in numbers and aspects of language, especially in recognizing letters for 10 children aged 4-5 years in Mahardika Kindergarten. Data collection techniques through observation, interviews, and documentation to strengthen research results.
The results of research at Mahardika Kindergarten Surabaya, show that children are interested in morning journal activities so that they produce works according to their wishes and make children enthusiastic about recognizing and writing symbols of information on the results of the journals they have made. This research is expected to be able to take advantage of morning journal activities as one of the effective learning activities in fostering the ability to recognize numbers and letters in children aged 4-5 years.