Manajemen Sekolah Dalam Mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya)
School Management in Implementing the National Assessment (AN) in Elementary Schools (Case Study at SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya)
ABSTRAK
Briliandona, Tuhu Bekti. (2022). Manajemen Sekolah Dalam Mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di Sekolah Dasar (Studi Kasus di SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya). Tesis, Program Studi Manajemen Pendidikan, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya, Pembimbing: Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. dan Dr. Endang Purbaningrum, M.Kes.
Kata kunci: Manajemen, Kepala Sekolah, dan Asesmen Nasional
Pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) pada akhir 2021 merupakan suatu kegiatan evaluasi yang dilakukan oleh pemerintah melalui sekolah. Maka kepala sekolah sebagai pemimpin. perlu meningkatkan kemampuan sumber daya manusia yang ada di dalam sekolah baik dari pendidik, tenaga kependidikan, dan staf sekolah. Namun, strategi yang diimplementasikan kepala sekolah dalam pelaksanaan Asesmen Nasional (AN) ini tergolong masih try and error dan banyak evaluasi untuk menyambut Asesmen Nasional di tahun selanjutnya dengan lebih baik. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan dan menganalisis perencanaan yang dilakukan kepala sekolah untuk mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD AlKautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, cara kepala sekolah mengorganisir sekolah dan sumber daya sekolah untuk mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, cara kepala sekolah mengaktualisasikan program Asesmen Nasional (AN) di SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, bentuk pengawasan kepala sekolah dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, faktor pendukung dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, faktor penghambat dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Pada penelitian ini menggunakan penelitian studi kasus. Metode analisis data menggunakan kondensasi data, penyajian data, verifikasi/penarikan kesimpulan, Keabsahan data dalam penelitian ini dilakukan kredibilitas, dependabilitas, konfirmabilitas, dan transferabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Perencanaan yang dilakukan kepala sekolah untuk mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya yakni adanya persiapan dari segi sarana dan prasana yang menunjang terlaksananya AKM atau Asesmen Kompetensi Minimum. (2) Teknik kepala sekolah mengorganisir sekolah dan sumber daya sekolah untuk mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya yakni kepala sekolah dalam mengatur sekolah dan sumber daya sekolah. (3) Teknik kepala sekolah mengaktualisasikan program Asesmen Nasional (AN) di SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya yakni peran kepala sekolah dalam aktualisasi program Asesmen Nasional dengan melakukan analisa mendalam terkait dengan permasalahan yang ada. (4) Teknik kepala sekolah melakukan pengawasan dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya yakni melakukan pengawasan dalam program Asesmen Nasional ini berupa rapat rutin yang dilakukan untuk memeriksa progress atau kemajuan dari program. (5) Faktor pendukung dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya antara lain: 1) Sarana dan prasarana yang ada di SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya. 2) adanya para guru yang menyampaikan materi AKM disisipkan dalam materi pembelajaran, terlibatnya guru dalam peningkatan karakter siswa, dan peran guru dalam survei lingkungan belajar. 3) Adanya kurikulum dari lembaga sekolah. (6) Faktor penghambat dalam mengimplementasikan Asesmen Nasional (AN) di SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya yaitu faktor Pandemi Covid-19 menghambat kegiatan belajar mengajar yang diharuskan secara daring termasuk didalamnya kegiatan program untuk belajar mengenai Asesmen Kompetensi Minimum atau AKM, dan kegiatan KWB atau Kurikulum Wajib Baca yang menjadi kurang efektif.
Briliandona, Tuhu Bekti. (2022). School Management in Implementing the National Assessment (AN) in Elementary Schools (Case Study at SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya). Thesis, Education Management Study Program, Postgraduate, Surabaya State University, Supervisor: Prof. Dr. Yatim Riyanto, M.Pd. and Dr. Endang Purbaningrum, M. Kes.
Keywords: Strategic Management, Principal, and National Assessment
Implementation of the National Assessment (AN) at the end of 2021 is an evaluation activity carried out by the government through schools. So the principal is the leader. it is necessary to improve the capabilities of existing human resources in schools both from educators, education staff, and school staff. However, the strategy implemented by the school principal in implementing the National Assessment (AN) is still classified as try and error and there are many evaluations to better welcome the National Assessment in the following year. AN) at SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, how the principal organizes schools and school resources to implement the National Assessment (AN) at SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, how the principal actualizes the National Assessment program (AN) at SD Al- Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, form of supervision of the principal in implementing the National Assessment (AN) at SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, supporting factors in implementing the National Assessment (AN) at SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, inhibiting factors in implementing National Assessment (AN) at SD Al-Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya.
This study uses a qualitative approach. In this study using case study research. Methods of data analysis using data condensation, data presentation, verification/drawing conclusions. The validity of the data in this study was carried out by credibility, dependability, confirmability, and transferability.
The results of this study indicate that: (1) Planning by the school principal to implement the National Assessment (AN) at Al Kautsar Pondok Benowo Indah Elementary School, Surabaya, namely preparation in terms of facilities and infrastructure that support the implementation of AKM or Minimum Competency Assessment. (2) The principal's technique of organizing schools and school resources for implementing the National Assessment (AN) at SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, namely the principal in managing schools and school resources. (3) The school principal's technique of actualizing the National Assessment (AN) program at Al Kautsar Pondok Benowo Indah Elementary School, Surabaya, namely the role of the school principal in actualizing the National Assessment program by conducting in-depth analysis related to existing problems. (4) The school principal's technique of supervising the implementation of the National Assessment (AN) at Al Kautsar Pondok Benowo Indah Elementary School, Surabaya, is to supervise the National Assessment program in the form of regular meetings held to check the progress of the program. (5) Supporting factors in implementing the National Assessment (AN) at SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya include: 1) Facilities and infrastructure at SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya. 2) there are teachers who deliver AKM material inserted in learning materials, the involvement of teachers in improving student character, and the role of teachers in surveys of the learning environment. 3) There is a curriculum from school institutions. (6) The inhibiting factors in implementing the National Assessment (AN) at SD Al Kautsar Pondok Benowo Indah Surabaya, namely the Covid-19 Pandemic factor hampering teaching and learning activities that are required online including program activities to learn about the Minimum Competency Assessment or AKM, and KWB activities or the Compulsory Reading Curriculum which becomes less effective.