Kegiatan ekstrakulikuler merupakan program sekolah, berupa kegiatan siswa di luar jam pelajaranyang bertujuan untuk memperdalam dan memperluas pengetahuan siswa, optimasi untuk pelajaran terkaitmenyalurkan bakat dan minat siswa serta lebih memantapkan kepribadian siswa. Kegiatan ekstrakulikuleradalah kegiatan yang dilakukan diluar jam pelajaran yang tercantum dalam susunan program studi dengankeadaan dan kebutuhan sekolah. Ekstrakulikuler yang dimaksud dalam penelitian ini adalah ekstrakulikulerTenis Meja. Tujuan penelitan ini adalah mengetahui perbandingan bola celluloid dengan bola plastik terhadaphasil pukulan forehand dan backhand tenis meja. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Eksperimensemu pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian yang digunakan adalah Randomized Group Pretest-Posttest Design. Hasil dari penelitian perbandingan bola celluloid dengan bola plastik terhadap hasil pukulanforehand dan backhand tenis meja pada siswa ekstrakurikuler SMAN 1 Gresik pada kelompok kontrolmemiliki rata-rata sebesar 8,8000 dengan tingkat signifikansi 0,96.> 0,05 dan peningkatan sebesar 16,05%sedangkan pada kelompok eksperimen memiliki rata-rata sebesar 8,4000 dengan tingkat signifikansi 0,621>0,05 dan peningkatan sebesar 14,14%. Berdasarkan pada data yang terkumpul, diolah dan dianalisissebagaimana telah dijelaskan pada bab IV secara umum, peniliti telah menjawab rumusan masalah yang telahdiajukan, demikian pula hipotesis merupakan arah kegiatan peneliti ini telah diuji maka dapat disimpulkansebagai berikut:Ada perbandingan yang signifikan pada tingkat ketrampilan forehand dan backhand tenis mejapada kelompok kontrol dan kelompok eksperimen pada siswa yang mengikuti ekstrakurikuler tenis mejaSMAN 1 Gresik.KATA KUNCI: Tenis meja, Ekstrakulikuler, Perbandingan
Extracurricular activities are school programs, in the form of student activities outside of schoolhours which aim to deepen and broaden students' knowledge, optimization for lessons related to channelingtalents and interests of students as well as more solidifying student personality. Extracurricular activities areactivities that are carried out outside of the lesson hours listed in the composition of the study program withthe conditions and needs of the school. The extracurricular referred to in this study is the table tennisextracurricular. The purpose of this research is to know the comparison of celluloid balls with plastic balls tothe results of forehand and backhand table tennis. This research uses a type of research. Quasi-experimentalquantitative approach with research design used is Randomized Group Pretest-Posttest Design. The results ofa comparison study ofballs celluloid with plastic balls on the results of forehand and backhand table tennis inextracurricular students of SMAN 1 Gresik in the control group had an average of 8.8000 with a significancelevel of 0.96.> 0.05 and an increase of 16, 05% while in the experimental group had an average of 8.4000 witha significance level of 0.621> 0.05 and an increase of 14.14%. Based on the collected data, processed andanalyzed as explained in chapter IV in general, researchers have answered the formulation of the problem thathas been proposed, as well as the hypothesis that the direction of the activities of this researcher has been testedcan be summarized as follows: There are significant comparisons of skill level forehand and backhand tabletennisin the control group and experimental group in students who take extracurricular table tennis at SMAN1 Gresik.KEY WORDS: Table tennis, Extracurricular, Comparison