KonstruksiI Guru dalam Memahami Profil Pelajar Pancasila pada Pembelajaran di SMA Negeri 1 Pace Kabupaten Nganjuk
Teacher's Construction In Understanding The Profile Of Pancasila Students In Learning At Sma Negeri 1 Pace, Nganjuk District
ABSTRAK
KONSTRUKSI GURU DALAM MEMAHAMI PROFIL PELAJAR PANCASILA PADA PEMBELAJARAN DI SMA NEGERI 1 PACE KABUPATEN NGANJUK
Nama : Binti Umi Nurhidayati
Nim : 19040254004
Progam Studi : S1 PPKn
Jurusan : PMP-KN
Fakultas : Ilmu Sosial dan Hukum
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Pembimbing : Maya Mustika Kartika Sari, S.Sos., M.IP.
Guru merupakan salah satu unsur dalam masyarakat yang memiliki peran sebagai fasilisator bagi peserta didik untuk memudahkan mereka dalam mewujudkan Profil Pelajar Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan cara pandang guru dalam memahami Profil Pelajar Pancasila pada pembelajaran, khususnya pada pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Matematika. Pandangan guru Pendidikan Pancasila dan Matematika dianalisis menggunakan teori konstruksi menurut Peter Berger dan Thomas Luckman. Jenis penelitian ini yaitu penelitian kualitatif dengan desain penelitian deskriptif kualitatif. Lokasi penelitian ini di SMA Negeri 1 Pace. Teknik pengumpulan data berupa wawancara mendalam, data yang diperoleh dianalisi bedasarkan pendapat Miles dan Huberman. Hasil dalam penelitian ini menunjukkan bahwa ada perbedaan pandangan antara guru Pendidikan Pancasila dan Matematika dalam memandang Profil Pelajar Pancasila. Guru Pendidikan Pancasila memandang Profil Pelajar Pancasila sebagai sarana guru untuk menciptakan peserta didik sebagai warga negara yang baik (good citizenship) yang berperilaku berlandaskan pada ideologi bangsa yaitu Pancasila. Sedangkan guru Matematika memandang bahwa Profil Pelajar Pancasila merupakan sarana guru untuk membentuk peserta didik sebagai manusia penghuni alam semesta yang mempunyai kodrat sebagai makhluk sosial dan berakal untuk meningkatkan soft skill agar menjadi sumber daya manusia yang berkompeten. Walaupun pandangan terkait Profil Pelajar Pancasila kedua guru tersebut berbeda, namun kedua nya saling berkaitan satu sama lain. Karena, warga negara yang baik tercipta dari manusia yang mampu mengembangkan soft skill untuk melakukan sesuatu yang berguna bagi diri sendiri, orang lain, lingkungan, bangsa dan negara.
Kata kunci : Guru, Konstruksi, Profil Pelajar Pancasila
ABSTRACT
TEACHER'S CONSTRUCTION IN UNDERSTANDING THE PROFILE OF PANCASILA STUDENTS IN LEARNING AT SMA NEGERI 1 PACE, NGANJUK DISTRICT
Name : Binti Umi Nurhidayati
Study Program : S1 PPKn
Department : PMP-Kn
Faculty : Social Sciences and Law
Name of Institution : State University of Surabaya
Advisor : Maya Mustika Kartika Sari, S.Sos., M.IP.
The teacher is one of the elements in society who has a role as a facilitator for students to make it easier for them to realize the Pancasila student profile. This study aims to describe the teacher's perspective in understanding the profile of Pancasila students in learning, especially in learning Pancasila and mathematics education. The views of Pancasila and mathematics education teachers are analyzed using construction theory according to Peter Berger and Thomas Luckman. This type of research is qualitative research with a qualitative descriptive research design. The location of this research is SMA Negeri 1 Pace. The data collection technique is in the form of in-depth interviews, the data obtained is analyzed based on the opinions of Miles and Huberman. The results in this study indicate that there are differences in views between Pancasila and mathematics education teachers in viewing the profile of Pancasila students. Pancasila education teachers view the Pancasila Student Profile as a means for teachers to create students as good citizens(good citizenship) whose behavior is based on the national ideology, namely Pancasila. Meanwhile, mathematics teachers view that the Pancasila Student Profile is a teacher's tool to form students as human beings who know the universe who have a nature as social and intelligent creatures so that they are able to improvesoft skill to become competent human resources. Although the views regarding the profile of Pancasila students of the two teachers are different, the two are related to one another. Because, good citizens are created from humans who are able to developsoft skill to do something useful for oneself, others, the environment, the nation and the state.
Keywords: Teachers, Construction, Profile of Pancasila Students