Students' Mathematical Literacy Processes on PISA-Like Problems with The Domain of Space and Shape
Literasi matematika didefinisikan sebagai kemampuan yang dimiliki oleh seorang individu dalam merumuskan, menggunakan, serta menafsirkan matematika dalam berbagai konteks. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses literasi matematika siswa SMP dalam menyelesaikan soal-soal matematika setara PISA pada konten space and shape. Metode penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah kualitatif deskriptif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas IX SMP Negeri 2 Krembung di Sidoarjo, dimana diambil sebanyak dua puluh sembilan siswa. Instrumen penelitian pada penelitian ini adalah tes literasi matematika dan pedoman wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi matematika siswa termasuk dalam kategori kurang pada proses merumuskan (formulate), karena terdapat beberapa siswa yang masih mengalami banyak kesulitan, seperti kesulitan dalam menentukan strategi yang digunakan dalam menyelesaikan soal serta kesalahan perhitungan dan penarikan kesimpulan. Literasi matematika siswa termasuk dalam kategori cukup baik pada proses menerapkan (employ), karena siswa dapat memahami maksud dari soal dan mengetahui strategi apa yang harus digunakan untuk menyelesaikan soal tersebut, meskipun ada beberapa kesalahan kecil, seperti kesalahan perhitungan dan penarikan kesimpulan. Literasi matematika siswa termasuk dalam kategori sangat kurang pada proses menafsirkan (interpret), karena sebagian besar siswa hanya menebak jawabannya, siswa masih belum bisa memahami maksud dari soal dan tidak mengetahui strategi apa yang harus digunakan dalam menyelesaikan soal tersebut, sehingga siswa tidak mampu untuk menyelesaikan soal yang diberikan.
Kata Kunci : literasi matematika, merumuskan, menerapkan, menafsirkan, konten space and shape
Mathematical literacy is defined as the ability possessed by an individual in formulating, employing, and interpreting mathematics in a variety of contexts. This research aims to describe the mathematical literacy processes of Junior High School students in solving PISA-like problems on space and shape content. The method in this research used qualitative descriptive. The research subject was students of the ninth grade in SMP Negeri 2 Krembung on Sidoarjo, which consisted of twenty-nine students. The instruments used were test and interview. The results showed that the students’ mathematical literacy was classified as less for the process of formulating. Some students still find many difficulties, such as difficulty in determining the strategy used in solving the problem as well as errors in calculations and drawing conclusion. The students’ mathematical literacy was classified as quite good for the process of employing. Students understand the intent of the problem and know what strategy is used, although there are some minor errors in calculation or drawing a conclusion. The students’ mathematical literacy was classified as very lacking in the process of interpreting. Students only guess originally because students are still unable to understand the meaning of the questions and what strategies are used to solve the given problems to answer questions.
Keywords : mathematical literacy, formulating, employing, interpreting, space and shape content