PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN MENGGUNAKAN APLIKASI ROLE PLAYING
GAME (RPG) PADA MATA PELAJARAN INSTALASI PENERANGAN LISTRIK
DEVELOPMENT OF LEARNING MEDIA USING ROLE PLAYING APPLICATIONS GAME (RPG) ON ELECTRICAL LIGHTING INSTALLATION COURSES
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan aplikasi Role Player Game (RPG) sebagai media
pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Instalasi Penerangan
Listrik pada kelas XI SMK YPM 1 TAMAN. Penelitian ini menggunakan metode Pre-Experimental
dengan menggunakan desain penelitian One Group Pretest-Posttest (Tes awal-Tes akhir kelompok
tunggal). Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI TITL 1 yang berjumlah 12 siswa sebagai
kelas eksperimen kelompok tunggal di SMK YPM 1 TAMAN. Perolehan hasil validasi perangkat
pembelajaran RPP sebesar 82% , Media Pembelajaran sebesar 80%, dan Soal Pretest-Posttest sebesar
72%. Sehingga rata-rata persentase validasi perangkat pembelajaran sebesar 79,33% dan dapat dikatakan
layak digunakan dalam pembelajaran. Penelitian ini menggunakan uji validitas dan uji reliabilitas untuk
memenuhi kriteria valid dan reliabel. Uji validitas dari 20 butir soal yang diujikan terdapat 2 soal tidak
valid dengan rtabel 0,576. Pada uji reliabilitas didapatkan hasil 0,929 > 0,6 sehingga instrumen dapat
dinyatakan reliabel. Teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas distribusi Kolmogorov-
smirnov dan uji hipotesis dengan menggunakan Uji-T Paired Sample Test. Berdasarkan analisis Uji-T
Paired Sample Test diperoleh thitung sebesar (-10,164), dengan taraf signifikansi 0,05. Diketahui nilai dari
ttabel dengan taraf signifikansi 0,05 yaitu 1,79. Dari perhitungan Uji-T tersebut thitung 10,164 lebih besar
dari ttabel 1,79 , sehingga dapat dinyatakan menolak H0 dan menerima H1 dimana hasil rerata nilai posttest
siswa lebih besar dari rerata nilai pretest siswa. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran Role
Player Game (RPG) layak digunakan untuk siswa kelas XI di SMK YPM 1 Taman.
Kata Kunci: Pengembangan media pembelajaran, Aplikasi Role Player Game (RPG), Hasil Belajar
Siswa
Abstract
The study is aims to produce a Role Playing Game (RPG) application as a learning media on improving
student's learning result in the subject of Electrical Lighting Installation in class XI SMK YPM 1 TAMAN.
This study is classified as Pre-Experimental design using the research design of One Group Pretest-
Posttest (Initial test-Single group final test). The subjects in this study were students of class XI TITL 1,
12 students as a single group experimental class at SMK YPM 1 TAMAN. The results obtained from the
validation of lesson plans learning tools are 82%, Learning Media are 80%, and Pretest-Posttest
Questions are 72%. So the average percentage of learning device validation is 79.33% and can be said it
is suitable for use in learning. This study uses validity and reliability tests to fit the valid and reliable
criteria. The validity test of 20 items, there were two invalid questions with an rtable of 0.576. In the
reliability test, the results were 0.929 > 0.6 so the instrument could be declared reliable. The data
analysis techniques used were the normality distribution test of Kolmogorov-Smirnov and the
hypothetical test using the Paired Sample T-Test. Based on the analysis of the Paired Sample Test T-test,
the tcount is (-10.164), with a significance level of 0.05. It is known that the value of ttable with a
significance level of 0.05 is 1.79. From the T-test calculation, tcount 10.164 is greater than ttable 1.79, so it
can be stated rejecting H0 and accepting H1 where the mean result of the student's posttest score is
greater than the mean of student's pretest score. It can be concluded that the Role Player Game (RPG)
learning media is suitable for use for class XI students at SMK YPM 1 Taman.
Keywords: Learning media development, Role Player Game (RPG) Application, Student Learning
Outcomes.