PENGARUH KUALITAS LAYANAN, FASILITAS DAN HARGA TIKET TERHADAP KEPUASAN PENGGUNA JASA KERETA API PROBOWANGI PADA PT. KAI (Persero) DAOP 9 JEMBER
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh variabel kualitas layanan, fasilitas dan harga terhadap kepuasan pengguna jasa transportasi Kereta Api Probowangi baik secara parsial dan simultan.
Jenis dan pendekatan penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh penumpang kereta api Probowangi Daerah Operasi 9 Jember dan berusia antara 20 – 50 tahun. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 105 orang yang ditentukan berdasarkan pertimbangan dengan menggunakan tabel ISAAC dan Michael dengan margin of error sebesar 5%. Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non-probability sampling. Penarikan sample dilakukan melalui accidental sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah angket. Teknik analisis data menggunakan regresi linear berganda dengan bantuan program spss 16.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas layanan berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pengguna jasa kereta api Probowangi sebesar 70,8%, fasilitas tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pengguna jasa kereta api Probowangi, harga tiket tidak berpengaruh secara parsial terhadap kepuasan pengguna jasa kereta api Probowangi, kualitas layanan, fasilitas dan harga tiket berpengaruh secara simultan terhadap kepuasan pengguna jasa kereta api Probowangi. Hasil ini ditunjukkan melalui persamaan regresi Y = 22.147 + 0.606 X1 - 0.015 X2 - 0.022 X3 + ε. Artinya, apabila kualitas layanan mengalami peningkatan maka kepuasan pengguna jasa transportasi kereta api Probowangi akan mengalami peningkatan, sedangkan semakin tinggi fasilitas yang dimiliki belum tentu memiliki dampak yang positif bagi kepuasan pengguna jasa transportasi kereta api Probowangi, serta semakin tinggi harga tiket yang berlaku belum tentu memiliki dampak yang positif bagi kepuasan pengguna jasa transportasi kereta api Probowangi
THE EFFECT OF SERVICE QUALITY, FACILITIES AND TICKET PRICE ON THE USER SATISFACTION OF THE PROBOWANGI RAILWAY TRANSPORTATION SERVICES AT PT. KAI (PERSERO) DAOP 9 JEMBER
The research aims to determine the influence of service quality, facilities and prices on the user satisfaction of the Probowangi railway transportation services both partially and simultaneously.
The types and approaches of research used in this study are quantitative descriptive. The population in this study was the entire passenger train of Probowangi Regional Operations 9 Jember and aged between 20 – 50 years. The samples in this study were as much as 105 people determined based on consideration by using the table ISAAC and Michael with a margin of error of 5%. The sampling techniques used in this study were non-probability sampling. Sample withdrawal is done through accidental sampling. The data collection techniques used are polls. Data analysis techniques use multiple linear regression with the help of SPSS 16 program.
The results showed that the quality of service has a partial effect on the user satisfaction of Probowangi railway service amounted to 70.8%, facility has no partial effect on the user satisfaction of Probowangi railway service, Price The ticket has no partial effect on the user satisfaction of Probowangi Railway service, the quality of service, facilities and fares are influential simultaneously on the satisfaction of the Probowangi Railway service users. This result is demonstrated through the regression equation Y = 22,147 + 0606 X1-0.015 X2-0.022 X3 + ε. That is, if the quality of service is improved then the user satisfaction of the Probowangi railway transportation will increase, while the The high facilities owned not necessarily have a positive impact to the satisfaction of the users of Probowangi railway transportation services, as well as the higher fares that apply does not necessarily have a positive impact to the satisfaction of the service users Probowangi railway transport.