Implementasi Program Literasi untuk Meningkatkan Prestasi Siswa di SMK
Implementation of Literacy Programs to Improve Student Achievement
Implementasi Gerakan Literasi Sekolah (GLS) di Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) memiliki tujuan menumbuh kembangkan budi pekerti siswa melalui pembudayaan ekosistem literasi sekolah menengah kejuruan yang mewujudkan dalam gerakan literasi di SMK agar mereka menjadi pembelajar sepanjang hayat. GLS menjadi faktor utama dalam pengembangan prestasi siswa. Pada kondisi tertentu, kurangnya ketersediaan sarana dan prasaran penunjang kegiatan literasi, tidak meratanya komitmen guru dalam membimbing pembiasaan membaca kepada siswa dan rendahnya komitmen warga sekolah menjadi penghambat berjalannya program literasi sekolah di SMK. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis strategi dan upaya yang dapat dicapai SMK untuk mengoptimalkan kegiatan literasi sekolah sebagai upaya untuk meningkatkan prestasi siswa SMK. Penelitian ini menggunakan metode studi literatur dengan pendekatan konseptual yang berakaitan dengan ide dan kajian teori sehingga analisis yang dipakai berdasarkan data relevan. Terdapat tiga tahapan literasi sekolah dalam pembelajaran di SMK yakni tahap pembiasaan, pengembangan dan pembelajaran. Dalam implementasi kegiatan literasi sekolah terdapat beberapa setrategi meliputi mengkondisikan lingkungan yang ramah literasi, mendorong lingkungan sosial dan afektif serta mengupayakan SMK sebagai lingkungan akademik yang literat, peran pemangku kepentingan menjadi indikator penting dalam keberlangsungan kegiatan literasi di SMK. Seluruh warga sekolah dapat berkontribusi dalam pelaksanaan program. Kegiatan GLS harus mencakup enam aspek literasi sekolah dan aspek penumbuhan budi pekerti. Kegiatan yang dapat dilaksanakan pada program GLS di SMK seperti, gerakan membaca, festival literasi sekolah, pembudayaan e-learning, penyediaan e-library, penguatan budaya lokal, memperluas kegiatan berorganisasi.
Kata kunci : Program Literasi, Prestasi Siswa, SMK
The School Literacy Movement implementation (GLS) in Vocational High Schools (SMK) has the goal of developing student character through the civilization of Vocational High School literacy ecosystem which embodies the literacy movement in SMK, so that they become lifelong learners. GLS is a major factor in developing student achievement. In certain conditions, the lack availability of facilities and infrastructure to support literacy activities, the unequal commitment of teachers in guiding students reading habits and school's low commitment residents are obstacles to the school literacy program at SMK. This study aims to analyze the strategies and efforts that can be achieved by SMK's to optimize school literacy activities as an effort to improve the achievement of SMK students. This study uses a literature study method with a conceptual approach that is linked to ideas and theoretical studies, so that the analysis is based on relevant data. There are three stages of school literacy in learning at SMK, entitled the habituation, development and learning stages. In the school literacy activities implementation, there are several strategies include conditioning a literacy-friendly environment, encouraging social and affective environments and striving for SMK as a literate academic environment, the role of stakeholders is an important indicator in the sustainability of literacy activities in SMK. All school members can contribute to program implementation. GLS activities must cover six school literacy aspect and character building aspect. Activities that can be carried out in the GLS program at SMK such as reading movements, school literacy festivals, cultivating e-learning, providing e-libraries, strengthening local culture, expanding organizational activities.
Keywords : Literacy Program, Improving Student Achievement, SMK