PENGARUH PERMAINAN GALASOKET TERHADAP PENINGKATAN MOTORIK KASAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NEGERI 144 GRESIK
THE EFFECT OF GALASOCKET GAMES ON INCREASING CORRECT MOTORCYCLE
STUDENTS AT 144 GRESIK STATE ELEMENTARY SCHOOL
Permainan gala soket merupakan permainan modifikasi antara permainan tradisional gobak sodor dan bola basket, permainan gala soket memiliki unsur gerak meliputi penguasaan keterampilan teknik, keterampilan taktik, keterampilan fisik serta mental. Dalam permainan gala soket ini banyak sekali meningkatkan keterampilan anak karena permainan ini mengandung unsur strength (kekuatan), accuracy (ketepatan), speed (kecepatan). Dalam penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Pengaruh Permainan Gala soket Terhadap Peningkatan Motorik Kasar Siswa Usia 9- 11 Tahun Di Sekolah Dasar Negeri 144 Gresik. Jenis penelitian quasi eksperimen digunakan dalam penelitian ini, dengan metode One group Pretest-Posttest Design yang menggunakan tes Motor Ability untuk mengukur kemampuan motorik siswa dengan sampel berjumlah 20 siswa di Sekolah Dasar Negeri 144 Gresik. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner untuk mendapatkan data karakteristik. Data analisis menggunakan analisis secara deskriptif dan analisis secara statistik dengan rumus uji Wilcoxon. Berdasarkan analisis dengan menggunakan uji Wilcoxon dapat disimpulkan bahwa nilai signifikansi antara pre-test dan post-test kemampuan motorik siswa ada pengaruh perkembangan motorik setelah diberikan treatment dengan menggunakan permainan gala soket.
Kata kunci: Permainan Gala soket, Perkembangan Motorik, Motor Ability
Gala soket game is a modified game between traditional gobak sodor and basketball games, gala soket games have elements of motion including mastery of technical leadership, tactical skills, and physical and mental skills. In this gala soket game, there is a lot to improve children's skills because this game contains elements of strength (strength), accuracy (accuracy), and speed (speed). This study aims to find out the Effect of Gala soket Games on Motor Improvement of Students Aged 9-11 Years in SD Negeri 144 Gresik. This type of quasi-experimental research was used in this study, with the One group Pretest-Posttest Design method which uses the Ability Motor test to measure students' motor skills with a sample of 20 students at SD Negeri 144 Gresik. Data collection techniques use questioners to obtain characteristic data. Data analysis uses descriptive analysis and statistical analysis with Wilcoxon test formulas. Based on the analysis using the Wilcoxon test, it can be concluded that the value of significance between the pre-test and post-test of students' motor skills has an influence on motor development and is given treatment using gala soket games.
Keywords: Gala soket Games, Motor Development, Motor Ability