Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Di BMT UGT Sidogiri Cabang Bangkalan
The influence of service Quality On Customer Satisfaction At BMT UGT Sidogiri Bangkalan Branch.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat bagaimana pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan nasabah, studi kasus pada Kabupaten Bangkalan. Riset ini berjenis kuantitatif memakai sempel berjumlah sebanyak 64 nasabah BMT Sidogiri cabang Kabupaten Bangkalan. Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket (kuisioner) dengan model tertutup. Analisis data menggunakan uji analisa regresi linier sederhana dan, uji parsial. Penelitian ini menemukan hasil yaitu uji t berada pada nilai yang signifikan dengan besar 0,00 sehingga lebih besar dari 0,05 yang artinya yaitu variabel kualitas pelayanan memberikan pengaruh signifikan dan arah yang baik kepada kepuasan nasabah. Sedangkan hasil uji koefisien determinan (R2) berada pada nilai 0,145 yang artinya variabel kualitas pelayanan berpengaruh sebesar 14,5 persen terhadap kepuasan nasabah. Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kualitas pelayanan sangat perpengaruh positif terhadap kepuasan nasabah.
This study ams to see how the effect of service quality on customer satisfaction, a case study in the district of bangkalan.This quantitative research used a sample of 64 customer of BMT Sidogiri in Bangkalan Regency branch. To obtain the data, the researcher used a closed-ended questionnaire. The analysis data used simple linear regression analyzed test and partial test. This study found the results of the t-test were at a significant value with a magnitude of 0.00 so that it was greater than 0.05 which meant that the variable quality of service had a significant influence and a good direction on customer satisfaction. While the results of the determinant coefficient test (R2) were at the value of 0.145 which meant that service quality variables had an effect of 14.5 percent on customer satisfaction. The result of this study indicate that service quality has a very positive and significant effect on customer satisfaction.