Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk
mendeskripsikan validitas, kepraktisan dan efektivitas dari LKPD berbasis PBL submateri
transpor membran untuk melatihkan keterampilan berpikir kritis. Jenis penelitian
ini adalah penelitian pengembangan menggunakan model 4-D terdiri dari define ,
design , develop , tanpa tahapan disseminate . LKPD yang
dikembangkan sebelum diujicobakan akan divalidasi oleh ahli pendidikan dan ahli
biologi. LKPD kemudian diujicobakan terbatas pada 16 peserta didik kelas XI
SMAN 14 Kota Surabaya. Teknik pengambilan data dilakukan dengan metode
validasi, observasi keterlaksanaan, metode angket dan tes. Berdasarkan
penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa LKPD berbasis PBL ini layak,
praktis dan efektif untuk menunjang suatu pembelajaran. Validitas LKPD berbasis
PBL submateri transpor membran yang dikembangkan mendapat rata-rata skor
sebesar 3,82 dengan kategori sangat valid. Keterlaksanaan aktivitas peserta
didik memperoleh rata-rata persentase sebesar 97,1 dan 97,8% unruk LKPD 1 dan
2, dengan kategori sangat praktis. Hal tersebut didukung oleh respon positif peserta
didik, hasil tes dan peningkatan indikator keterampilan berpikir kritis peserta
didik. Respon positif peserta didik terhadap LKPD berbasis PBL memperoleh persentase
93,1% dengan kategori sangat efektif. Hasil nilai tes dengan skor n-gain
rata-rata 0,65 dengan kategori sedang. Peningkatan indikator keterampilan
berpikir kritis memperoleh persentase posttest setiap indikator yaitu
interpretasi 87,5%, evaluasi 76,56%,
inferensi 78,75%, eksplanasi 78,12%, analisis 89,06% dan diperoleh persentase
rata-rata keseluruhan 81,99% dengan kategori sangat tinggi.
Kata Kunci: pengembangan, LKPD, berpikir kritis, problem
based learning dan transpor membran