Nama : Yuli Pudji Lestari
NIM : 12010684288
Program Studi : S-1 PG PAUD
Fakultas : Ilmu Pendidikan
Nama Lembaga : Universitas Negeri Surabaya
Dosen Pembimbing : Dra.Hj. Mas’udah, M.M.Pd
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru dan anak dalam penggunaan media kartu huruf dan untuk mendeskripsikan penggunaan media kartu huruf dalam meningkatkan kemampuan mengenal keaksaraan anak usia 5-6 Tahun di TK Kusuma Putra Surabaya.
Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas yang dibagi ke dalam dua siklus, setiap siklusnya terdiri atas dua pertemuan, dalam setiap pertemuan terbagi menjadi empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dilanjutkan dengan analisis data dengan statistik deskriptif yaitu analisis refleksi berdasar siklus.
Hasil dari penelitian ini pada siklus I aktivitas guru menunjukkan presentase sebesar 56,25% meningkat menjadi 87,5% pada siklus II. Aktivitas anak juga mengalami peningkatan, pada siklus I persentase keberhasilan anak adalah 53,13% sedangkan pada siklus II mengalami peningkatan menjadi 84,38%. Nilai rata-rata kemampuan mengenal keaksaraan juga mengalami peningkatan sebesar 33,14%, pada siklus I sebesar 51,24% sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 84,16%. Hal ini berarti terjadi peningkatan dalam kemampuan mengenal keaksaraan melalui media kartu huruf, sehingga penelitian tindakan kelas ini dinyatakan berhasil karena telah mencapai tingkat keberhasilan yang telah ditentukan.
Kata kunci : Kemampuan Mengenal Keaksaraan, Media Kartu Huruf
Aim of this research is to descript the activity of teacher and children in using alphabet card media and to descript the use of alphabet card media in improving the ability of knowing alphabet on 5-6 years children at TK Kusuma Putra Surabaya.
This research uses class action research divided into two cycles, each cycle consists of two meetings and each meeting is divided into four stages that is planning, implementing, observing, and reflecting. Then continued with data analysis using descriptive statistic that is cycle based reflection analysis.
From this research, the result is in cycle I the activity of teacher shows percentage of 56.25% increasing become 87.5% in cycle II. The activity of children is also increasing. In cycle I the success percentage of children is 53.13% while in cycle II it increases to 84.38%. The average score of ability of knowing alphabet also increases 33.14 %. In cycle I it is 51.24% and in cycle II it becomes 84.16%. It means there is improvement in the ability of knowing alphabet through alphabet card media, so this class action research can be stated as success because it has reached the determined success level.
Keywords: Ability of Knowing Alphabet, media alphabet car