Beragam inovasi terbaru pada era perkembangan yang modern menimbulkan pengaruh yang mampu mengubah pola kehidupan masyarakat seperti pola berfikir, berperilaku berinteraksi serta gaya hidup. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan mengetahui pengaruh instagram online store dan konformitas secara parsial dan simultan terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa di Surabaya.
Jenis dari penelitian ini adalah penelitian kuantitatif. Populasi pada penelitian ini merupakan mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Negeri Surabaya, Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam UIN Sunan Ampel Surabaya, dan Fakultas Ekonomi Universitas PGRI Adi Buana yang memiliki Instagram dan pernah berbelanja online di instagram. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling dengan jumlah 97 mahasiswa. Digunakan kuisioner untuk teknik pengumpulan datanya. Sedangkan teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis regresi linier berganda dengan bantuan Aplikasi SPSS versi 25.
Berdasarkan hasil uji t nilai signifikan hasil dari analisis variabel instagram online store sebesar 0,000 dan variabel konformitas sebesar 0,009 yang berarti secara parsial kedua variabel berpengaruh terhadap gaya hidup konsumtif karena memiliki nilai signifikansi dibawah 0,05. Uji F yang diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,000, hal ini menunjukan bahwa variabel instagram online store dan konformitas secara simultan berpengaruh terhadap gaya hidup konsumtif mahasiswa di Surabaya. Disamping uji t dan uji F, nilai adjusted R square sebesar 0,565 artinya 56,5% gaya hidup konsumtif dipengaruhi oleh instagram online store dan konformitas. Sedangkan 43,5% sisanya dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini
Kata Kunci : Instagram, Online Store, Konformitas, Gaya Hidup Konsumtif
The latest innovations in the modern era of development that have an impact that can change the pattern of community life such as the pattern of thinking, behavior and lifestyle interact. This study aimed to analyze and determine the effect of the instagram online store and conformity partially and simultaneously against student consumptive lifestyles in Surabaya.
Type of this research is quantitative research. The population of this study are students of the Faculty of Economics Surabaya State University, Faculty of Economics and Business Islam Sunan Ampel Surabaya, and the Faculty of Economics University of PGRI Adi Buana who have never shopped online Instagram and on instagram. Sampling using purposive sampling which was amounted to be 97 students. The questionnaire used for data collection techniques. Data analysis technique used is the technique of multiple linear regression analysis was done using SPSS version 25.
Based on the results of significant value t test analysis results online store instagram variable of 0.000 and 0.009 conformity variable which means partially both variables affect the consumer lifestyle because it has a significance value below 0.05. Test F obtained significance value of 0.000, indicating that the variable instagram online store and conformity simultaneously affect the consumtive lifestyle of students in Surabaya. Besides the t test and F test, adjusted R-square of 0.565 means that 56.5% consumptive lifestyles are influenced by instagram online store and conformity. While the other 43.5% is cause by other variables that not explained in this study
Keywords : Instagram, Online Store, Conformity, Consumer Lifestyle