Digital Library
Perpustakaan Universitas Negeri Surabaya
Home
Login
Hub. Kami
Statistik
Tipe Dokumen
- Pilih -
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
- Pilih -
Fak. Ilmu Pendidikan
Fak. Bahasa & Seni
Fak. Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Fak. Ilmu Sosial & Hukum
Fak. Teknik
Fak. Ekonomi
Pasca Sarjana
Fak. Vokasi
Fak. Ekonomi
Fak. Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Judul
Penulis
Search
Advanced Search
Jenis Dokumen
Disertasi
Karya Akhir S1
Karya Akhir S2
Karya Akhir S3
Skripsi
Tesis
Tugas Akhir D3
Tugas Akhir D4
Fakultas
Ilmu Pendidikan
Bahasa & Seni
Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam
Ilmu Sosial & Politik
Hukum
Psikologi
Teknik
Ekonomika dan Bisnis
Ilmu Keolahragaan dan Kesehatan
Vokasi
Pascasarjana
Pembinaan dan Pengembangan Profesional Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0
Kode Dokumen
:
0048/FIP-MP/2020
Penulis Utama
:
SETIYA WULANDARI
NIM Penulis Utama
:
14010714064
Tahun
:
2020
Judul ID
:
Pembinaan dan Pengembangan Profesional Guru Pada Era Revolusi Industri 4.0
Judul EN
:
The Guidance and Professional Development of Teacher in The Fourth Industrial Revolution
Sumber
:
UNESA - Fakultas Ilmu Pendidikan - Jurusan S1 Manajemen Pendidikan - 14010714064 - 2020
Jenis Dokumen
:
Skripsi
Abstrak ID
:
Tujuan penulisan artikel ini adalah untuk memahami, menjelaskan, dan menganalisis pembinaan dan pengembangan profesional guru pada Revolusi Industri 4.0. Penulisan artikel ini menggunakan studi kepustakaan/studi literatur. Data yang diperlukan dihimpun melalui kajian teks, selanjutnya dianalisis menggunakan teknik analisis isi. Berdasarkan studi literatur menunjukkan bahwa upaya pembinaan dan pengembangan guru meliputi pengelolaan proses penerimaan guru, pengelolaan kompetensi guru, pengoptimalan berbagai desain keprofesian guru, serta
lesson study
dengan penguatan e-literasi. Adapun kompetensi guru yang perlu diperhatikan dalam pendidikan era Revolusi Industri adalah 4 kompetensi dasar
(pedagog
y
, personality, professional, and social)
berbasis literasi digital dan kompetensi global yang mendukung
education 4.0.
Abstrak EN
:
The purpose of this article is to determine, explain, and analyze the guidance and pr
o
fessional development of
teachers
in the Fourth Industrial Revolution, also referred to as Industry 4.0. The research design used literature study. Source of Data of this research is collected through text studies and then it is analyzed with content analysis techniques. Based on literature study shows that efforts to foster and develop teacher includes
managing the
teacher admission process and teacher
competence, optimizing various professional designs for teachers, as well as lesson study with strengthening e-literacy. profession, and lesson studies with e-literacy sup
port. As for teacher competencies that need to be considered in education in the Industrial Revolution era, there are 4 basic competencies (pedagog
y
, personality, professional, and social) based on digital literacy and global competencies that support education 4.0.
Tautan Artikel
File Abstrak
File Lampiran