Planting Of Nationalism Value Through Civic Education Learning Forming Character For Students In Islamic Senior High School 1 Gresik
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penanaman nilai karakter nasionalisme melalui pembelajaran PPKn pada peserta didik MAN 1 Gresik. Metode yang digunakan untuk memperoleh data dalam penelitian adalah pendekatan kualitatif deskriptif. Subjek penelitian adalah guru PPKn. Data penelitian diperoleh melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi, kemudian dianalisis dengan cara pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan pengambilan keputusan. Teori yang digunakan adalah teori Albert Bandura. Bandura menjelaskan bahwa proses yang mempengaruhi belajar observasional yaitu perhatian, mengingat, perilaku dan motivasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penanaman nilai nasionalisme melalui pembelajaran PPKn dilakukan dengan beberapa tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Tahap perencanaan penanaman nilai nasionalisme dengan menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Tahap pelaksanaan penanaman nilai nasionalisme pada kegiatan pembelajaran, yaitu pendahuluan, kegiatan inti, dan penutup. Tahap evaluasi penanaman nilai nasionalisme terkait kendala dalam pelaksanaannya melalui pembelajaran PPKn. Sehingga dapat disimpulkan bahwa nilai nasionalisme yang ditanamkan guru melalui pembelajaran PPKn sudah berjalan dengan baik sesuai dengan perencanaan sebelumnya yaitu melalui Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) dan tidak ada kendala dalam penanaman nilai nasionalisme.
Kata Kunci : Penanaman, Nilai Nasionalisme, Pembelajaran PPKn
This study aims to describe the inculcation the value the character nationalism through Civics learning in MAN 1 Gresik students. The method used to obtain data in the study is a descriptive qualitative approach. The research subjects were PPKn teachers. Research data obtained through interviews, observation, and documentation, then analyzed by means data collection, data reduction, data presentation, and decision making. The theory used is the theory Albert Bandura. Bandura explained that the processes affect observational learning are attention, remembering, behavior and motivation. The results showed that the inculcation the value nationalism through Civics learning was carried out in several stages, namely planning, implementation, and evaluation. The planning stage for inculcating the value nationalism is by compiling a Learning Implementation Plan (RPP). The implementation stage inculcating the value nationalism in learning activities, namely the introduction, core activities, and closing. The evaluation stage instilling the value nationalism is related to the obstacles implementation through PPKn learning. So it can be concluded that the value nationalism instilled by teachers through Civics learning has been going well in accordance with the previous planning, namely through the Learning Implementation Plan (RPP) and there are no obstacles in instilling the value nationalism.
Keywords: Planting, Nationalism Value, Civic Education Learning.