Alat evaluasi pembelajaran merupakan suatu instrumen penilaian yang digunakan untuk mengetahui tercapai tidaknya suatu standar kompetensi yang telah dipelajari oleh peserta didik di setiap pembelajaran. Maka dari itu diperlukan pengembangan alat evaluasi pembelajaran yang baik agar fungsi evaluasi dapat berjalan sebagaimana mestinya. Sesuai dengan hasil studi pendahuluan yang telah dilakukan pada kelas XI Bisnis Daring dan Pemasaran di SMK Negeri 4 Surabaya, maka diputuskan untuk mengembangkan alat evaluasi pembelajaran berbasis Software Construct 2 sebagai alat evaluasi yang mudah dioperasikan, efisien, hasil dapat dilihat secara langsung, memudahkan guru dalam melakukan penilaian, hasil evaluasi lebih akurat serta pengerjaan tes ini dapat dilakukan online dan offline.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian dan pengembangan R & D (Research and Development) dengan model pendekatan 4-D, Thiagarajan, Semmel dan Semmel (1974). Tahapan penelitian ini meliputi : 1) tahap define, 2) tahap design, 3) tahap develop, 4) tahap disseminate tidak dilakukan dikarenakan penelitian hanya dilaksanakan pada satu sekolah saja.
Hasil penelitian menujukkan bahwa 1) alat evaluasi pembelajaran berbasis software Construct 2 berhasil dikembangkan melalui metode dan pengembangan R&D dengan model 4D, 2) alat evaluasi pembelajaran berbasis software Construct 2 yang di kembangkan mendapatkan presentase nilai validasi oleh para ahli keseluruhan sebesar 90% dengan kriteria “ sangat layak”, 3) alat evaluasi pembelajaran berbasis software Construct 2 yang dikembangkan mendapatkan presentase Keseluruhan respon siswa sebesar 92% dengan kriteria “ sangat layak”.
Berdasarkan hasil validasi dari ahli media, ahli materi, serta hasil uji coba lapangan dapat disimpulkan bahwa alat evaluasi pembelajaran berbasis software Construct 2 pada kompetensi dasar menganalisis kesehatan dan keselamatan kerja dalam pengelolaan bisnis ritel di SMKN 4 Surabaya dinyatakan layak sebagai alat evaluasi pembelajaran.
Kata kunci : Alat Evaluasi Pembelajaran, Construct 2, Pengeloaan Bisnis Ritel