BAHASA SLANG OLEH NCTZEN DAN WAYZENNI PADA MEDIA SOSIAL 抖音 DǑUYĪN PERIODE DESEMBER 2022 SAMPAI FEBRUARI 2023
Saat ini dunia tengah mengalami perkembangan pesat dibidang teknologi komunikasi dimana manusia banyak yang menggunakan media sosial untuk saling berkomunikasi, salah satunya media sosial抖音Dǒuyīn. Banyaknya pengguna media sosial抖音Dǒuyīn ini membuat munculnya ragam bahasa baru seperti ragam bahasa slang. Pengguna bahasa slang di media sosial banyak yang berasal dari kalangan muda. Salah satu pengguna bahasa slang di media sosial抖音Dǒuyīn adalah penggemar NCT dan WayV yaitu NCTZen dan WayZenNi (威神V珍惜你) WēishénV Zhēnxī Nǐ dimana banyak penggemar yang berasal dari kalangan muda sehingga banyak muncul penggunaan bahasa slang. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan proses pembentukan bahasa slang, fungsi bahasa slang, dan faktor penyebab penggunaan bahasa slang yang digunakan oleh NCTZen dan WayZenNi (威神V珍惜你) WēishénV Zhēnxī Nǐ pada media sosial抖音Dǒuyīn.
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif karena data penelitian ini berupa kalimat tuturan yang mengandung bahasa slang oleh NCTZen dan WayZenNi (威神V珍惜你) WēishénV Zhēnxī Nǐ pada media sosial抖音Dǒuyīn. Sedangkan metode penelitian ini adalah metode deskriptif dimana metode ini digunakan untuk mendeskripsikan proses pembentukan, fungsi, dan faktor penyebab penggunaan bahasa slang yang dipakai oleh NCTZen dan WayZenNi (威神V珍惜你) WēishénV Zhēnxī Nǐ pada media sosial抖音Dǒuyīn. Data pada penelitian ini dikumpulkan dengan teknik simak bebas libat cakap (SBLC) dan dianalisis dengan teknik analisis isi.
Berdasarkan analisis data diperoleh hasil penelitian yaitu proses pembentukan bahasa slang berupa简称jiǎnchēng (abreviasi), 音译词 yīn yì cí (terjemahan bunyi), suplisi, 复合fùhé (komposisi), 象 声 词 xiàng sheng cí (pengonomatopean) serta重叠chóngdié (reduplikasi) dan附加fùjiā (afiksasi); fungsi bahasa slang berupa fungsi agar berbeda dari yang lain, fungsi agar lebih singkat, fungsi karena kreativitas penggunanya, fungsi emotif, fungsi pengakuan sebagai anggota kelompok bagi penggunanya, fungsi untuk kejenakaan, fungsi memperhalus kata, dan fungsi terpersonal; serta faktor penyebab penggunaan bahasa slang berupa faktor bahasa sebagai gengsi, faktor perkembangan zaman, faktor suasana interaksi, faktor lingkungan, dan faktor bahasa sebagai identitas dimana proses pembentukan简称jiǎnchēng (abreviasi), fungsi agar berbeda dari yang lain, dan faktor bahasa sebagai gengsi menjadi jenis yang paling banyak ditemukan. Hal tersebut dikarenakan penutur yang kebanyakan dari kalangan anak muda membuat penutur lebih suka menggunakan bahasa yang lebih singkat dan berbeda dari yang sudah biasa digunakan oleh khalayak umum dengan tujuan agar terlihat lebih bergengsi.
Kata Kunci: bahasa slang, nct, wayv, nctzen, wayzenni
Currently the world is experiencing rapid development in the field of communication technology where many humans use social media to communicate with each other, which is one of the social media is抖音Dǒuyīn. The number of users of social media抖音Dǒuyīn has led to the emergence of new language varieties such as slang. Many users of slang language on social media come from young people. One of the slang language users on social media抖音Dǒuyīn is NCT and WayV fans, namely NCTZen and WayZenNi (威神V珍惜你) WēishénV Zhēnxī Nǐ where many fans come from young people so that a lot of slang language usage appears. This study aims to describe the process of slang formation, the function of slang, and the factors causing the use of slang used by NCTZen and WayZenNi (威神V珍惜你) WēishénV Zhēnxī Nǐ on social media抖音Dǒuyīn.
This research is a qualitative research because the data of this research is in the form of speech sentences containing slang by NCTZen and WayZenNi (威神V珍惜你) WēishénV Zhēnxī Nǐ on social media抖音Dǒuyīn. While the method of this research is descriptive method where this method is used to describe the formation process, function, and factors causing the use of slang language used by NCTZen and WayZenNi (威神V珍惜你) WēishénV Zhēnxī Nǐ on social media抖音Dǒuyīn. The data in this study were collected using SBLC technique and analyzed using content analysis technique.
Based on the data analysis, the result of the research is the formation process of slang language in the form of简称jiǎnchēng (abbreviation), 音译词 yīn yì cí (sound translation), supplementation, 复合fùhé (composition), 象声词 xiàng sheng cí (onomatization), 重叠chóngdié (reduplication), and附加fùjiā (affixation); the functions of slang language are function to be different from others, function to be shorter, function due to the creativity of its users, emotive function, function of recognition as a group member for its users, function for antics, function of refining words, and personal function; and the factors causing the use of slang language are language as prestige factor, developmental factor, interaction atmosphere factor, environmental factor, and language as identity factor which is the formation process of简称jiǎnchēng (abbreviations), functions to be different from others, and language as prestige factor are the most common types found. This is because speakers who are mostly young people make speakers prefer to use language that is shorter and different from what is commonly used by the general public with the aim of looking more prestigious.
Keywords: slang language, nct, wayv, nctzen, wayzenni