Tuntutan prestasi akademik dan non-akademik yang hampir seimbang ditambah lagi dengan tuntutan kurikulum untuk memenuhi nilai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) terkadang membuat siswa mungkin mengalami kelelahan dan kejenuhan secara fisik dan emosional (burnout). Peran teman dan orang tua sangat dibutuhkan untuk memberikan dukungan secara positif agar kelelahan dan kejenuhan tidak sampai membuat siswa mengesampingkan tugas akademiknya. Pengesampingan atau penundaan tugas-tugas akademik inilah yang disebut dengan perilaku prokrastinasi. Penelitian ini dilakukan untuk mempelajari secara empiris hubungan antara dukungan sosial dan student burnout dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo tahun ajaran 2019/2020. Sampel penelitian ditentukan dengan random sampling dengan jumlah sampel sebanyak 200 responden. Pengumpulan data dilakukakn dengan menggunakan skala penelitian. Hipotesis dalam penelitian diuji dengan teknik statistik Multiple Correlation. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa : (1) adanya hubungan negatif dan signifikan antara dukungan sosial dan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo dengan koefisien korelasi R= -0,222, (2) adanya hubungan positif dan signifikan antara student burnout dan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo dengan koefisien korelasi R=0,511, (3) adanya hubungan secara simultan dan signifikan antara dukungan sosial dan student burnout dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo dengan nilai koefisien korelasi R= 0,511 dan nilai koefisien determinasi R2= 0,261. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa dukungan sosial dan student burnout secara bersama-sama berhubungan signifikan dengan prokrastinasi akademik siswa kelas XI SMA Negeri 3 Sidoarjo dan memiliki kontribusi terhadap prokrastinasi akademik dengan sumbangan sebesar 26,1%.
The demands of academic and non-academic achievements that are almost balanced and coupled with curriculum demands to meet the score of the Minimum Completeness Criteria sometimes make students may experience fatigue. The role of friends and parents is needed to provide positive support so that fatigue and burnout do not make students put aside their academic assignments. This exclusion or postponement of academic tasks can be called procrastination behavior. This research was conducted to study empirically the correlation between social support and student burnout with academic procrastination 11th grade student in senior high. The population for this research is 11th grade student in SMAN 3 Sidoarjo in the academic year 2019/2020. The research sample was determined by random sampling with total sample of 200 respondents. Data collection is done by using a research scale. The hypothesis in this study will be tested with the Multiple Correlation statistical technique. The results of hypothesis testing show that: (1) there is a negative and significant relationship between social support and academic procrastination of 11th grade student in SMAN 3 Sidoarjo with a correlation coefficient R = -0.222, (2) there is a positive and significant relationship between student burnout and academic procrastination of 11th grade student in SMAN 3 Sidoarjo with a correlation coefficient R = 0.511, (3) there is a simultaneous and significant relationship between social support and student burnout with academic procrastination of 11th grade student in SMAN 3 Sidoarjo with a correlation coefficient R = 0.511 and a coefficient of determination R2 = 0.261. Based on the results of this study, it can be concluded that social support and student burnout together are significantly related to academic procrastination of 11th grade student in SMAN 3 Sidoarjo and have a contribution to academic procrastination with a contribution of 26.1%.