Penelitian ini bertujuan untuk memberikan alternatif proses pembelajaran yang ditunjang dengan penggunaan media A-SSI (Android Social Scientific Issues) dengan menyertakan isu-isu yang aktual sehingga dapat melatihkan dan meningkatkan kemampuan literasi sains siswa. Media A-SSI yang dikembangkan diuji kelayakan berdasarkan tiga aspek, yaitu validitas, keefektifan, dan kepraktisan. Penelitian ini menggunakan desain pretest-posttest dan diujikan pada siswa SMP kelas VII. Media A-SSI yang akan digunakan dalam pembelajaran divalidasi oleh para ahli melalui lembar validasi. Hasil yang didapatkan berdasarkan penilaian validator adalah 88,9% dengan kriteria “sangat baik”. Kemudian pada aspek kepraktisan media ditinjau melalui keterlaksanaan pembelajaran, aktivitas siswa, dan repon siswa. Hasil yang didapatkan pada keterlaksanaan pembelajaran, 89,5% untuk Kelas A, 88,6% dan 89,2% untuk Kelas B dan C kegiatan yang dirancang pada RPP terlaksana dengan baik, sedangkan aktivitas siswa berdasarkan hasil pengamatan sangat baik. Adapun respon yang diberikan siswa pada proses pembelajaran dengan media A-SSI ini pada kelas A, B, dan C berturut-turut, yaitu 93,3%, 91,9%, dan 92,6%, siswa memberikan respon positif terhadap media yang diterapkan dalam pembelajaran, sehingga media A-SSI sangat praktis. Selain itu, media A-SSI diuji keefektifannya melalui tes literasi. Hasil yang didaptkan pada tes literasi, siswa mengalami peningkatan literasi dengan rata-rata n-gain pada Kelas A, B, dan C 0,47, 0,42, dan 0,45 berkategori “sedang”.
This study aimed to provide an alternative learning process that was supported by the use of A-SSI media (Android Social Scientific Issues) by including actual issues so that they could train and improve students’s scientific literacy skills. The developing A-SSI media must be tested for feasibility based on three aspects, validity, effectiveness, and practicality. This study used a pretest-posttest design and tested on grade VII junior high school. A-SSI media that would be used in learning process was validated by experts through a validation sheet. The results obtained based on the validators’s assessment are 88,9% with the criteria “very good”. Then in the practicality aspect, that was reviewed through student activities and implementation of learning and students’s responses. The results obtained in the implementation of learning, 89,5% for Class A, 88,6% and 89,2% for Class B and C of activities designed in RPP were carried out well, while the activities of students based on the results of observation were very good. There was a response given by students in the learning process with A-SSI media, 93,3% of A students gave a positive response of A-SSI media, and B and C students gave response about 91,9%, and 92,6%. In addition, effectiveness of A-SSI media was tested through literacy tests. The results obtained in the literacy test, literacy skills of students were increased with an average n-gain of Class A, B, and C are 0,47, 0,42, and 045 with “moderate” category.