Design and Build a Visual Novel of Environmental Care Using the Procedural Content Generation Method
Abstrak— Era digitalisasi sangat cepat hingga berbagai aplikasi dibutuhkan dalam setiap kegiatan, begitu juga dalam hal edukasi kepada masyarakat. Edukasi kepada masyarakat memiliki berbagai bentuk mulai dari video animasi, surat kabar, sosialiasi bersama masyarakat hingga penyiaran radio. Edukasi menggunakan Visual Novel dapat dikatakan baru dalam dunia masyarakat, Visual Novel adalah jenis game yang menggunakan sebuah karakter dan latar belakang sebagai tampilan konten game tersebut. Untuk menghindari cerita yang berulang-ulang, penulis menggunakan metode Procedural Content Generation yang memungkinkan pemain memainkan ulang dengan adegan yang berbeda. Procedural Content Generation juga memiliki berbagai macam algoritma dan algoritma yang akan digunakan yaitu menggunakan Genetic Algorithm. Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan dan mengimplementasi Procedural Content Generation pada aplikasi Ren’py yang berbasis bahasa python. Hasil penelitian ini adalah implementasi Procedural Content Generation pada aplikasi Ren’Py beserta skala Likert kuisioner pada pemain yang berasal dari masyarakat dengan aspek Learnability dan Error mendapatkan respon setuju, dan aspek Assets, Educative, dan Satisfaction mendapatkan respon sangat setuju.
Abstract— The era of digitalization is very fast, so various applications are needed in every activity and in terms of educating the public. Public education takes multiple forms, from animated videos, newspapers, and outreach to the public to radio broadcasting. Education using Visual Novels can be said to be new in the world of society, Visual Novel is a type of game that uses a character and background as a display of game content. To avoid repeating stories, the author uses the Procedural Content Generation method which allows players to replay different scenes. Procedural Content Generation also has a variety of algorithms and algorithms that will be used, namely using a Genetic Algorithm. The purpose of this research is to develop and implement Procedural Content Generation in the Python-based Ren'py application. The results of this study are the implementation of Procedural Content Generation in the Ren'Py application along with a Likert scale questionnaire for players who come from the public with aspects of Learnability and Error getting an agree response, and aspects of Assets, Educative, and Satisfaction getting a strongly agree response.