Dengan merujuk pada konsep piramida kesadaran merek, telah dilakukan kegiatan pra-penelitian terhadap 160 responden, untuk berusaha mengukur tingkat kesadaran merek Sparkling Surabaya. Hasil pra-penelitian menunjukkan tingkat kesadaran merek akan kota, kota Surabaya berada pada puncak pikiran Top of Mind, untuk kesadaran merek branding kota Sparkling Surabaya masih berada pada Unuware of a Brand, artinya pada tingkat ini masyarakat kurang menyadari akan keberadaan brand atau merek kota Sparkling Surabaya. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis dan membahas pengaruh iklan cetak dan iklan online terhadap kesadaran merek City Branding Sparkling Surabaya. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah masyarkat kota Surabaya yang telah melihat iklan cetak dan iklan online City Branding Sparkling Surabaya. Teknik pengambilan sampel yang digunakan yaitu nonprobality sampling dengan metode purpossive sampling. Jumlah sampel yang digunakan adalah sebanyak 150 responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh signifikan positif iklan cetak (X1) dan iklan online (X2) terhadap Kesadaran Merek City Branding Sparkling Surabaya (Y). Nilai koefisien paling tinggi dalam persamaan analisis regresi liner berganda yaitu dimiliki oleh variabel iklan online.
Kata Kunci : City Branding, Iklan Cetak,Iklan Online, Sparkling Surabaya, Kesadaran Merek
By referring to the concept of brand awareness pyramid, pre-research activities have been conducted on 160 respondents, to try to measure the level of brand awareness in Sparkling Surabaya ,. Pre-research results indicate the level of brand awareness of the city, the city of Surabaya is at the top of the mind Top of Mind, for brand awareness Branding Sparkling city of Surabaya is still in Unuware of a Brand, meaning that at this level the community is less aware of the brand presence or brand Sparkling city Surabaya. The purpose of this study is to analyze and discuss the effect of print and online advertising on the brand awareness of the City Branding Sparkling Surabaya. The population used in this study is the people of Surabaya who have seen print advertisements and City Branding Sparkling online advertisements in Surabaya. The sampling technique used is nonprobality sampling with purposive sampling method. The number of samples used was as many as 150 respondents. The results showed that there was a significant positive effect of print advertisements (X1) and online advertisements (X2) on City Branding Sparkling Surabaya (Y) brand awareness. The highest coefficient value in the multiple linear regression analysis equation is owned by online advertising variables.
Keywords : City Branding, Print Advertising, Online Advertising, Sparkling Surabaya, Brand Awarenes