Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa.
Development of Science Online Learning Tools Based on Guided Inquiry Models to Train Students' Scientific Literacy.
ABSTRAK
Safirah, Rahma. 2021. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Daring IPA Berbasis Model Inkuiri Terbimbing untuk Melatihkan Literasi Sains Siswa. Tesis. Program Studi S2. Pendidikan Sains, Pascasarjana, Universitas Negeri Surabaya. Pembimbing: (1) Prof. Dr. Fida Rachmadiarti. M.Kes, (2) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd.
Kata kunci: Perangkat Pembelajaran Daring IPA, Inkuiri Terbimbing, Literasi Sains
Kondisi pendemi covid-19 memberikan dampak yang besar di segala bidang termasuk pendidikan. Menurut peraturan Walikota Mojokerto Nomor 47 Tahun 2020 untuk bidang pendidikan dilaksanakan secara online. Pembelajaran daring IPA akan melatihkan kecapan abad 21 melalui literasi sains. Literasi sains merupakan kemampuan siswa dalam menggunakan pengetahuan sains, mengidentifikasi perrtanyaan, membuat kesimpulan berdasarkan bukti nyata, dan membuat keputusan dalam memecahkan permasalahan dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Pembelajaran yang mampu memfasilitasi literasi sains adalah pembelajaran yang membuat siswa aktif yakni model pembelajaran inkuiri terbimbing. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan perangkat pembelajaran daring yang layak digunakan untuk melatihkan literasi sains siswa. Kelayakan perangkat pembelajaran daring dinilai berdasarkan validitas, kepraktisan, dan keefektifan. Pengembangan perangkat pembelajaran menggunakan metode Dick and Carey yang dimodifikasi sesuai kebutuhan penelitian dan dilanjutkan implementasi menggunakan one grup pretest and posttest design. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif kuanitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) Perangkat pembelajaran yang dikembangkan berupa silabus, RPP, LKPD, soal literasi sains termasuk kategori valid. (2) Perangkat pembelajaran menunjukkan kepraktisan dilihat dari keterlaksanaan pada setiap kegiatan yag memiliki kategori sangat baik dan memiliki koefisien reliabilitas > 75%, aktivitas siswa juga menunjukkan kategori sangat valid, hambatan yang sudah disertai dengan solusi penyelesaian. (3) Perangkat pembelajaran yang efektif dinilai dari nilai N-gain yang mencapai kategori sedang dan tinggi serta uji statistik yang memperoleh nilai sig < 0,05, serta respon siswa menunjukkan ≥ 61% dengan kategori sangat positif. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa perangkat pembelajaran daring IPA berbasis inkuiri terbimbing yang dikembangkan valid, praktis dan efektif untuk digunakan.
ABSTRACT
Safirah, Rahma. 2021. Development of Science Online Learning Tools Based on Guided Inquiry Models to Train Students' Scientific Literacy. Thesis. Master's Degree Program. Science Education, Postgraduate, State University of Surabaya. Supervisor: (1) Prof. Dr. Fida Rachmadiarti. M.Kes, (2) Prof. Dr. Muslimin Ibrahim, M.Pd.
Keywords: Science Online Learning Tools, Guided Inquiry, Science Literacy
Covid-19 pandemic has had a big impact in all fields including education. Based on Mojokerto Mayor's Regulation Number 47 of 2020, the education sector is carried out online. Science online learning will train 21st century skills through scientific literacy. Scientific literacy is the ability of students to use scientific knowledge, identify questions, make conclusions based on real evidence, and make decisions in solving problems and applying them in everyday life. Learning that is able to facilitate scientific literacy is learning that makes students active, namely the guided inquiry learning model. This study aims to produce an online learning tool that is suitable to be used to train students' scientific literacy. The feasibility of online learning tools is assessed based on validity, practicality, and effectiveness. Development of learning tools using the method Dick and Carey which was modified basen on the research needs and continued by implementation using one group pretest and posttest design. The data analysis technique used quantitative and qualitative descriptive analysis. The results showed (1) the learning tools developed in the form of syllabus, lesson plans, students worksheets, scientific literacy questions were included in the valid category. (2) Learning tools show practicality seen from the implementation of each activity that has a very good category and has a reliability coefficient > 75%, student activities also show a very valid category, obstacles that have been accompanied by solutions. (3) Effective learning tools are assessed from the N-gain value that reaches the medium and high categories and statistical tests that get the value of sig < 0.05, and student responses show ≥ 61% with a very positive category. Based on the results of data analysis, it can be concluded that the science online learning tools based on guided inquiry developed are valid, practical and effective to use.