Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pedoman prosedur kerja organisasi yang berada di Sekolah Tingi Teknologi Angkatan Laut (STTAL). Dalam evaluasi prosedur kerja organisasi ini menggunakan model evaluasi CIPP (Context, Inputs, Proccess and Product) atau dalam Bahasa Indonesia yaitu konteks, masukan, proses dan produk untuk mengevaluasi Prosedur Kerja Organisasi di STTAL. Penelitian ini menggunakan penelitian evaluasi dengan pendekatan kualitatif dengan rancangan evaluasi. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh kemudian dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif melalui tiga langkah, yaitu kondensasi data, penyajian data dan verifikasi data. Data kemudian diuji keabsahannya dengan menggunakan uji kredibilitas, uji transferabilitas, uji dependabilitas, dan uji konfirmabilitas.
Hasil penelitian ini menunjukkan. Pertama, untuk evaluasi konteks dan masukan yaitu penyusunan Pedoman Prosedur Kerja Organisasi dilakukan dengan kajian-kajian terhadap Pendidikan dan menerjemahan Visi dan Misi STTAL. Melalui mediasi bersama dengan stakeholder terkait seperti AAL, dispersal dan lain-lain dan merujuk pada prosedur kerja organisasi yang ada di perguruan tinggi negeri maupun swasta, seperti UNESA, ITS dan UB.
Kedua, untuk evaluasi proses ditemukan bahwa departemen Perencanaan dan Logistik menjalankan dua tugas sekaligus dan juga tidak terteranya nama nomenklatur Departemen Perencanaan dan Logistik di dalam nama departemen di dalam organisasi TNI.
Ketiga, untuk evaluasi produk pengajuan validasi kedua pedoman prosedur kerja organisasi sudah dilakukan oleh STTAL untuk proses penyempurnaan prosedur kerja organisasi, maupun tata kerja di STTAL.
Kata Kunci: prosedur kerja, organisasi, evaluasi prosedur kerja
This study discusses to discuss how the organization works at the Naval Technology High School (STTAL). In evaluating work procedures this organization uses the CIPP evaluation model (Context, Inputs, Process and Product) or in Indonesian, namely context, input, process and product to evaluate the Work Procedure of the Organization at STTAL. This study used a qualitative approach with case study design. The technique of collecting data uses interviews, observation, and documentation.The data obtained were then analyzed using descriptive analysis through three steps, namely data condensation, data presentation and data verification. The data is then tested for validity by using a credibility test, transferability test, dependability test, and confirmation test.
The results of this study indicate. First, for context and input evaluation, namely the preparation of Organization Work Procedure Guidelines carried out with studies of Education and translation of STTAL's Vision and Mission. Through mediation together with related stakeholders such as AAL, dispersal and others and refer to organizational work procedures that exist in public and private universities, such as UNESA, ITS and UB.
Second, for the evaluation of the process it was found that the Planning and Logistics department carried out two tasks at once and also did not explain the name of the nomenclature of the Planning and Logistics Department in the name of the department within the TNI organization.
Third, for product evaluation, the submission of validation for both organizational work procedure guidelines has been carried out by STTAL for the process of improving organizational work procedures, as well as work procedures at STTAL.
Keywords: work procedures, organizations, evaluation of work procedures