Literasi Matematika Peserta Didik SMP dalam Menyelesaikan Masalah Statistika Adaptasi PISA Ditinjau dari Mathematics Self-Efficacy
Mathematical Literacy of Junior High School Students in Solving PISA Adaptation Statistics Problems in Terms of Mathematics Self-Efficacy
Literasi matematika adalah kemampuan seseorang untuk merumuskan masalah (formulate), menerapkan strategi penyelesaian masalah (employ), dan menafsirkan hasil (interpret) dalam berbagai konteks untuk menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Penelitian ini menggunakan masalah statistika adaptasi PISA dengan konteks scientific, occupational, dan sociental dengan tinjauan mathematics self-efficacy. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan literasi matematika peserta didik SMP dalam menyelesaikan masalah statistika adaptasi PISA ditinjau dari mathematics self-efficacy. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas IX yang terdiri dari masing-masing satu peserta didik dengan mathematics self-efficacy tinggi dan rendah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data dikumpulkan dengan menggunakan angket mathematics self-efficacy, tes literasi matematika masalah statistika, dan wawancara. Analisis data berdasarkan indikator literasi matematika (formulate, employ, dan interpret). Hasil penelitian didapatkan bahwa peserta didik dengan mathematics self-efficacy tinggi dapat mengidentifikasi aspek-aspek matematika dengan menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada permasalahan (formulate), dapat merancang dan menerapkan strategi penyelesaian masalah untuk mendapatkan solusi dari permasalahan (employ), dan dapat menarik kesimpulan dari solusi permasalahan dan memberikan alasan secara logis serta dapat memberikan kesimpulan sesuai dengan konteks permasalahan (interpret). Sedangkan, peserta didik dengan mathematics self-efficacy rendah dapat mengidentifikasi aspek-aspek matematika dengan menentukan informasi yang diketahui dan ditanyakan pada permasalahan (formulate), tidak dapat merancang dan menerapkan strategi penyelesaian masalah untuk mendapatkan solusi dari permasalahan (employ) dikarenakan kesalahan penggunaan konsep dan perhitungan serta dapat menarik kesimpulan dari solusi permasalahan dan memberikan alasan secara logis dan dapat memberikan kesimpulan sesuai dengan konteks permasalahan (interpret).
Mathematical literacy is a person's ability to formulate problems (formulate), apply problem-solving strategies (employ), and interpret results (interpret) in various contexts to solve mathematical problems related to everyday life. This research uses PISA adaptation statistical problems with scientific, occupational, and societal contexts with a review of mathematics self-efficacy. This study aims to describe the mathematical literacy of junior high school students in solving statistical problems of PISA adaptation in terms of mathematics self-efficacy. The research subjects were ninth-grade students consisting of one student each with high and low mathematics self-efficacy. This research is descriptive research with a qualitative approach. Data were collected using a mathematics self-efficacy questionnaire, a mathematics literacy test on statistics problems, and an interview. Data analysis was based on mathematical literacy indicators (formulate, employ, and interpret). The results showed that students with high mathematics self-efficacy can identify mathematical aspects by determining the information known and asked in the problem (formulate), can design and apply problem-solving strategies to get solutions to problems (employ), and can draw conclusions from problem solutions and provide logical reasons and can provide conclusions by the context of the problem (interpret). Meanwhile, students with low mathematics self-efficacy can identify mathematical aspects by determining the known and questionable information in the problem (formulate), but cannot design and apply problem-solving strategies to get the solution of the problem (employ) due to errors in the use of concepts and calculations and can draw conclusions from problem solutions and provide logical reasons and can provide conclusions by the context of the problem (interpret).