Berbicara adalah salah satu aspek penting dalam belajar bahasa Inggris. Berbicara adalah kegiatan umum tetapi juga merupakan kegiatan yang sangat kompleks untuk dipertimbangkan dalam mengajar EFL. Namun masih ada beberapa kesulitan yang terjadi selama pengajaran dan pembelajaran berbicara bahasa Inggris. Kesulitan sering disebabkan oleh masalah siswa sendiri seperti motivasi dan minat, penggunaan L1 siswa, khawatir akan membuat kesalahan, atau hanya malu untuk mengekspresikan diri. Kesulitan ini dialami oleh peserta didik di setiap jenjang pendidikan. Bahkan untuk mahasiswa, kesulitan-kesulitan ini bisa terjadi dikarenakan pendidikan sebelumnya para siswa dalam bahasa Inggris Beberapa peneliti telah melakukan penelitian yang berhubungan dengan kesulitan berbicara siswa di berbagai tingkat pendidikan, tetapi masih ada beberapa yang melakukan penelitian yang berhubungan dengan kesulitan berbicara siswa di tingkat perguruan tinggi, terutama untuk mahasiswa baru. Dengan demikian penelitian ini bertujuan untuk mengetahui jenis kesulitan berbicara yang dialami oleh mahasiswa baru di universitas, kondisi ketika kesulitan terjadi dan strategi yang digunakan oleh mahasiswa baru untuk mengatasi kesulitan mereka.
Dalam penelitian ini, peneliti menggunakan desain kualitatif sebagai desain penelitian utama dan menggunakan pendekatan Studi Interpretatif Dasar. Subjek penelitian adalah siswa yang berbicara untuk kelas konteks sehari-hari di Jurusan Bahasa Inggris di Universitas Negeri Surabaya. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah catatan lapangan, wawancara, dan rekaman audio. Peneliti menggunakan prosedur analisis data yaitu familiarizing dan orginizing, coding dan reducing, interpreting dan representing.
Temuan menunjukkan bahwa siswa, mahasiswa baru, pengalaman berbicara seperti gangguan tata bahasa, gangguan leksikal, gangguan fonologis, gangguan budaya, dan partisipasi yang rendah atau tidak merata. Selanjutnya kesulitan sering terjadi selama kegiatan presentasi dan percakapan spontan. Dengan demikian strategi yang digunakan oleh siswa untuk mengatasi kesulitan berbicara mereka adalah latihan tata bahasa, banyak mendengarkan, pemahaman isi, membaca keras-keras, dan kelompok yang berbahasa Inggris.
Kesimpulannya ada beberapa kesulitan berbicara yang masih dialami oleh fershmen di universitas. Lebih lanjut kesulitan yang mungkin terjadi selama presentasi dan percakapan. Dengan demikian siswa memiliki berbagai strategi untuk mengatasi kesulitan mereka yang didasarkan pada sudut pandang mereka sendiri.
Speaking is one of important aspect of learning English. Speaking is common activities but is also a highly complex activities to be considered in teaching EFL. However there are still some difficulties happen during the teaching and learning English speaking. The difficulties are often caused by students’ own problems such as motivation and interest, the use of students’ L1, worried about making mistakes, or just shy to express themselves.
This difficulties are experienced by the learners in every level of education. Even for college students, these difficulties could exist, because of the students previous education in english. Some researcher has conducted a research dealing with the students speaking difficulties in various level of education, but there are still a few who done a research dealing with students speaking difficulties in college level, especially for freshmen. Thus this study aimed to find out the kind of speaking difficulties experienced by freshmen in university, the condition when the difficulties happens and the strategy used by the freshmen o overcome their speking difficulties.
In this study, the researcher uses qualitative design as the main research design and using Basic Interpretative Study approach. The subject of the study are the students of speaking for daily context class in English Department in State Univesity of Surabaya. The instrument used in this study are field notes, interviews, and audio-recording. The researcher uses a procedure of data analysis are familiarizing and organizing, coding and reducing, interpreting and representing.
The finding shows that the students, the freshmen, experience speaking such as grammatical interference, lexical interference, phonological interference, cultural interference, and low or uneven participation. Furthermore the difficulties are often happen during presentation activities and spontaneous conversation. Thus the strategy used by the students in order to overcome their speaking difficulties are grammar exercising, listening a lot, contents understanding, reading aloud, and English-speaking group.
In conclusions there are some speaking difficulties that still experienced by the fershmen in university. Furthermore the difficulties likely happens during presentation and conversation. Thus the students has various strategy to overcome their difficulties which based on their own perspective.