BAGAIMANA KONSUMEN KOSMETIK MEMERHATIKAN BEAUTY VLOGGER DAN PENGARUHNYA TERHADAP NIAT BELIĀ
HOW COSMETIC CONSUMERS ATTENTION THE BEAUTY VLOGGER AND ITS INFLUENCE ON PURCHASE INTENTION
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh physical attractiveness, attitude homophily, social attractivness, kredibilitas, dan parasocial interaction terhadap niat beli kosmetik berdasarkan review Tasya Farasya. Tasya Farasya adalah salah satu beauty vlogger di YouTube dan Instagram. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah non-probability sampling yaitu judgemental sampling. Dalam penelitian ini, respondennya adalah perempuan; mereka mengenal Tasya Farasya sebagai beauty vlogger; usianya sekitar 17-35 tahun dan menonton konten dari Tasya Farasya. Jumlah sampel sebanyak 200 responden. Data diolah menggunakan PLS-SEM dengan software SmartPLS versi 3.3.3. Temuan penelitian ini menunjukkan bahwa physical attractiveness, attitude homophily berpengaruh signifikan terhadap kredibilitas. Sementara physical attractiveness dan social attractivness secara signifikan mempengaruhi parasocial interaction, attitude homophily tidak mempengaruhi parasocial interaction. Kredibilitas tidak mempengaruhi niat beli, tetapi parasocial interaction berpengaruh signifikan terhadap niat beli. Penelitian selanjutnya dapat menambah variabel informasi dan variabel building motive. Menarik juga untuk melihat lebih jauh bagaimana interaksi antar penonton vlogger.