Kata Kunci : Teknik Pembelajaran Kooperatif Gallery Walk, Hasil belajar menulis bahasa Jerman.
Berdasarkan hasil wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Jerman di SMA Negeri 1 Gedangan, diperoleh beberapa informasi yang berkaitan dengan keterampilan menulis yang didapatkan peserta didik. Ada beberapa faktor, yang menyebabkan kesulitan peserta didik dalam keterampilan menulis yaitu penulisan kosakata, struktur kalimat dan penulisan yang menggunakan huruf besar atau kecil. Hal ini menyebabkan hasil belajar menulis tidak bagus. Penelitian ini dicoba untuk menyelesaikan masalah. Berdasarkan kesulitan tersebut, maka penelitian ini dicoba untuk mengungkapkan pengaruh penggunaan teknik pembelajaran Gallery Walk. Batasan masalah penelitian ini adalah pengaruh teknik pembelajaran kooperatif Gallery Walk terhadap hasil belajar menulis di kelas XI Bahasa SMAN 1 Gedangan. Penelitian ini menggunakan teori dari Silberman. Penelitian ini meupakan penelitian eksperimen. Data penelitin ini adalah hasil menulis dari soal pre-test dan post-test. Populasinya sejumlah 32 peserta didik. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa ada pengaruh untuk hasil belajar menulis karangan deskripsi bahasa Jerman melalui teknik pembelajaran Gallery Walk pada kelas eksperimen. Hal ini bisa dilihat dari nilai t-test = 0,06 < t-tabel (0,05;30)= 2,04 < t-tabel (0,01;30)= 2,75, kemudian dilihat dari nilai rata-rata kelas eksperimen sebesar 41,125 dan kelas kontrol sebesar 40,969, maka teknik pembelajaran Gallery Walk lebih efektif diterapkan di kelas eksperimen, karena nilai rata-rata kelas eksperimen lebih besar.
Keywords: Cooperative Learning Techniques Gallery Walk, Results of learning to write German.
Based on the results of interviews with German language teachers in SMA 1 Gedangan, some information was obtained relating to the writing skills obtained by students. There are several factors, which cause difficulties for students in writing skills, namely writing vocabulary, sentence structure and writing that uses uppercase or lowercase letters. This causes the results of learning to write is not good. This research was tried to solve the problem. Based on these difficulties, this study was tried to reveal the effect of using Gallery Walk learning techniques. The limitation of the problem of this research is the effect of Gallery Walk cooperative learning techniques on the results of learning to write in class XI Language of SMAN 1 Gedangan. This research uses the theory from Silberman. This research is experimental research. The data of this research are the results of writing from the pre-test and post-test questions. The population is 32 students. The results of the study revealed that there were influences for the results of learning to write German description essays through the Gallery Walk learning technique in the experimental class. This can be seen from the value of t-test = 0.06 <t-table (0.05; 30) = 2.04 <t-table (0.01; 30) = 2.75, then seen from the average value the experimental class average was 41.125 and the control class was 40.969, so the Gallery Walk learning technique was more effectively applied in the experimental class, because the experimental class average value was greater.