Berdasarkan hasil observasi di SMKN 1 Sidoarjo bahwa 47% dari total siswa Teknik Audio Video terdapat hasil belajar siswa yang kurang baik yaitu belum mencapai KKM sehingga diperlukan media pembelajaran yang dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan Trainer Penghitung Digital Dua Digit yang layak digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika dengan aspek kevalidan, kepraktisan, dan keefektivan media pembelajaran. Metode penelitian menggunakan penelitian pengembangan ADDIE dengan memiliki 5 tahap yaitu: (1) Analisis, (2) Desain, (3) Pengembangan, (4) Implementasi, (5) Evaluasi. Pengambilan data untuk validasi dilakukan oleh validator, pengambilan data untuk kepraktisan dilakukan oleh guru dan siswa, sedangkan keefektivan penggunaan media ditinjau dari hasil belajar siswa dengan menggunakan desain penelitian One Shot Case Study. Berdasarkan hasil penelitian, diperoleh: (1) Hasil validasi trainer diperoleh rating sebesar 89% dengan kategori sangat valid dan validasi experiment sheet diperoleh rating 86% dengan kategori sangat valid. (2) Hasil observasi keterlaksanaan pembelajaran diperoleh rating sebesar 91% dengan kategori sangat praktis, dan respon siswa memperoleh rating sebesar 82% dengan kategori sangat praktis. (3) Hasil belajar siswa terjadi perbedaan rata-rata yang signifikan setelah menggunakan trainer.
Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa Trainer Penghitung Digital Dua Digit layak untuk digunakan sebagai media pembelajaran pada mata pelajaran Penerapan Rangkaian Elektronika di SMK Negeri 1 Sidoarjo.
Kata kunci: Trainer Penghitung Digital Dua Digit, Respon peserta didik, Hasil belajar siswa, ADDIE
Based on research at Vocational High School 1 Sidoarjo, that 47% of all Audio-Video Techniques students have bad abilities of study report. There are not yet reached value of KKM. So that needed the learning media to increase the students ability. Study aims to produce double digit digital counter trainer that are appropriate to use as learning medium on the subject of application of electronic circuit with the validation aspect, practice, and effectiveness at learning medium. This method use the ADDIE has 5 phase. That is (1) Analyze, (2) Design, (3) Development, (4) Implementation, (5) Evaluation. Data retrieval for validation is done by validator, data retrieval for practically is done by teacher and student using result desig One Shot Case Study. While the effectiveness of the use of medium in terms of student learning outcomes. Based on result of te study, it could be summarized that (1) Validaion trainer rating as much as 89% with very valid category and validation experiment sheet rating as much as 86% with very valid category. (2) The result of observation implementation of learning get a rating much as 91% with very practies category, and the result of student response get a rating much as 82% with very practies category. (3) Result study of the students have significant average difference after using the trainer.
Based on the result, it could be summarized that double digit digital counter trainer is a proper to use as medium on the subject of application of electronic circuit in Vocational High School 1 Sidoarjo.
Keyword: Double Digit Digital Counter Trainer, Student response, Student learning achievement, ADDIE