Penelitian ini membahas pengaruh model pembelajaran picture and picture terhadap kemampuan menulis teks deskripsi siswa kelas VII SMPN 3 Sidoarjo. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rata-rata siswa masih mengalami kesulitan dalam menulis teks deskripsi karena kurang mengeksplorasi ide kreatif mereka dan guru hanya menggunakan beberapa model pembelajaran sehingga pembelajaran menjadi membosankan.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian true experimental design dengan menggunakan desain pretest posttest control group design. Populasi penelitian yaitu siswa kelas VII SMPN 3 Sidoarjo. Sampel yang diambil dalam penelitian ini adalah kelas VII-D sebagai kelas kontrol dan VII-C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, tes, dan angket respons. Teknik analisis data yang digunakan analisis hasil observasi, analisis hasil pretes dan postes, analisis hasil pengaruh model dengan uji-t, dan analisis hasil angket respon.
Hasil pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran picture and picture berjalan dengan lancar. Hal ini dibuktikan dengan perhitungan observasi aktivitas guru sebesar 96% kategori sangat baik dan aktivitas siswa sebesar 94% kategori sangat baik. Penelitian ini menunjukkan nilai rata-rata pretes kelas kontrol sebesar 50,78 dan nilai rata-rata postes sebesar 72,81, sedangkan nilai rata-rata pretes kelas eksperimen sebesar 52,65 dan nilai rata-rata postes sebesar 81,09. Hasil perhitungan uji t-test dengan db 62 pada taraf signifikansi 5% menunjukkan t-hitung lebih besar dari t-tabel yakni (2,204 > 1,998). Hasil angket respon siswa menunjukkan respon positif. Hal ini menujukkan bahwa model pembelajaran Picture and Picture berpengaruh terhadap kemampuan menulis teks deskrispi siswa kelas VII SMPN 3 Sidoarjo.
Kata Kunci: Model Pembelajaran Picture and Picture, Menulis, dan Teks Deskripsi.
The study aims to describe about the influence of learning picture and picture model for capability writing description text VII’th class students SMPN 3 Sidoarjo. This reseach was underlined by the fact that most of the learners still face the difficulty while writing the describtion text because they stil unable to explore their creative idea and the teachers only use some models which make the learning proces in the class become boring.
This study is true experimental design with pretest postest control group design. The population was Seventh grade learners in SMPN 3 Sidoarjo. Whereas, the sample of this research was VII-D class as the control group and VII-C as the experimental group. The data collection techniques were obsevation, test, and questionnaire. Data analysis technique used is analyzing the result of observation, pretest and postest, the models influence by using t-test, and the questionnaire.
The result shows that the teaching and learning process using picture and picture models was going well, it can be proven by the teacher's observation counting results which shows that 96% of the categories was very well and the learners' activity shows that 94% of the categories was very good. The study showed the average value of the control class pretest is 50,78 and the average postest is 72,81, whereas the average pretest class of experiment is 52,65, and the average of postest is 81,09. The data analysis by using t-test with db 62 in the siginificance level 5% shows that it was t-count bigger than t-table which is (2, 204 > 1, 998). The questionnaire also shows the positive responses. It shows that picture and picture model influences the learners' competence in writing describtive text to the seventh grade of SMPN 3 Sidoarjo.
Keywords: Picture and Picture Models, Writing, Describtive Text