KONSTRUKSI IDENTITAS GAYA HIDUP SELEBGRAM DI MEDIA SOSIAL INSTAGRAM ( STUDI KASUS SELEBGRAM @AMELIAELLE )
CELEBRITY LIFESTYLE IDENTITY CONSTRUCTION ON INSTAGRAM SOCIAL MEDIA (CASE STUDY OF SELEBGRAM ON @AMELIAELLE)
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana proses pembentukan identitas gaya hidup selebgram yang dilakukan oleh selebgram @ameliaelle melalui aktivitas kesehariannya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi identitas dari J.M.Baldwin dan teori mengenai gaya hidup menurut Kotler dan Amstrong. Pendekatan penelitian yang digunakan pendekatan kualitatif dengan melihat fenomenologi dari new media dan konstruktivis. Teknik analisa data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisa model interaktif dari Huberman dan Miles. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara. Informan dalam penelitian ini adalah Amalia sebagai selebgram pemilik akun Instagram @ameliaelle. Hasil penelitian menunjukan bahwa bentuk gaya hidup Elle sebagai selebgram mendapatkan banyak pengikut dan menjadikan Elle sebagai referensi gaya hidup. Proses kontruksi identitas dibangun melalui lingkungan sosial yang dibentuk secara sengaja di akun Instagram milik nya, dan lingkungantersebut terdiri dari teman-teman nya saja. Kemudian, lingkungan sosial sudah terbentk, konsep diri seorang Elle dibangun secara natural dengan hanya melakukan kegiatan sehari-hari nya saja yang kemudian di unggah di Instagram. Sedangkan, gaya hidup diolah melalui faktor internal yaitu sikap sebagai tujuan membangun nilai yang ada pada dirinya sehingga menghasilkan citra baik, pengalaman dan pengamatan dilakukan karena adanya pengulangan dalam aktivitas nya sehingga menghasilkan kesan menarik diantara pengikut Instagram miliknya, kepribadian dibentuk melalui kebiasaan dalam menjalankan aktivitas sehari-hari, konsep diri pada dirinya dalam menyampaikan pesan tidak dibentuk untuk mempersuasif namun dapat menghailkan pengulus Instagram, motif dirinya adalah pesan yang disampaikan, dan persepsi menghasilkan citra sebagai selebgram. Selanjutnya, saran sebagai penelitian selanjutnya diharapkan dapat memahami konstruksi identitas dalam gaya hidup.
Kata kunci : konstruksi identitas, gaya hidup, selebrity Instagram
This study aims to find out how the process of forming the identity of the celebrity lifestyle is carried out by the celebrity @ameliaelle through their daily activities. The theory used in this study is the theory of identity construction from J.M. Baldwin and the theory of lifestyle according to Kotler and Armstrong. The research approach used is a qualitative approach by looking at the phenomenology of new media and constructivists. The data analysis technique in this study uses an interactive model analysis technique from Huberman and Miles. Data collection techniques were carried out by means of observation and interviews. Te informant in this study was Amelia as the celebgram owner of the Instagram account @amelialle. The results showed that Elle lifestyle as a celebity got many followers and made Elle a lifestyle refrence. They identity construction process is built through a social environment that is intentionally formed on his Instagram account, and the environment consists of his Instagram account, and the environment consist of his friends only. Then, the social environment as been formed, the self-concept of an Elle is built naturally by only doing her daily activities which are then uploaded on Instagram. Meanwhile, lifestyle is processed through internal factors, namely attitude as a goal to build the values that exist in him so as to produce a good image, experiences and observaions are made because of repetition in his activities so as to produce an attractive impression among his Instagram followers, personality is formed through habits in carrying out dail activities. Self-concept in conveying messages is not shaped to be persuasive bu can generate Instagram followers, his motives are the messages conveyed, and perception produces an image as a celebrity. Further, suggestion for research are expected to understand the construction of identity in lifestyle.
Key words : identity construction, lifestyle, celebrity Instagram.