ABSTRAK
Penggunaan bahasa sangat penting bagi masyarakat. Ketika berkomunikasi masyarakat memilih bahasa yang mudah dipahami oleh lawan bicara dan tidak mementingkan bahasa yang digunakan bahasa baku atau tidak. Hal tersebut membuktikan bahwa keterampilan bahasa sangat penting bagi masyarakat. Begitu juga dengan pembelajaran haruslah menekankan keterampilan berbahasa. Salah satu dari keterampilan berbahasa adalah keterampilan menulis. Dalam menulis membutuhkan kemampuan untuk menerima informasi yang disampaikan kepada pembaca agar dapat tersampaikan dengan baik. Untuk meningkatkan kemampuan tersebut, perlu adanya metode pembelajaran yang tepat. Metode pembelajaran tersebut adalah metode tutor sebaya.
Penelitian ini bertujuan mengetahui keefektifan metode tutor sebaya terhadap pembelajaran menulis teks eksposisi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Cerme tahun pelajaran 2018-2019. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen dengan desain penelitian control group pretest postest. Sampel penelitian ini adalah kelas VIIIB sebagai kelas kontrol dan kelas VIII C sebagai kelas eksperimen. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, dan angket.
Hasil penelitian menunjukan bahwa pelaksanaan metode tutor sebaya dalam pembelajaran menulis teks eksposisi kelas VIII sangat baik dan berjalan dengan lancar dibuktikan dengan aktivitas pendidik kelas kontrol memeroleh 89,06% dan aktivitas peserta didik memeroleh 84,37%, sedangkan aktivitas pendidik kelas eksperimen memeroleh 93,75% dan aktivitas peserta didik memeroleh 93,75%. Hasil belajar peserta didik menggunakan metode tutor sebaya mengalami kenaikan signifikan dibandingkan tanpa menggunakan metode tutor sebaya. Hal tersebut dapat dibuktikan dengan kenaikan nilai rata-rata kelas eksperimen 62,38 menjadi 79,4 dengan selisih 17,02 lebih tinggi dibandingkan dengan kelas kontrol 61,81 menjadi 66,57 dengan selisih 4,76. Hasil hitung t menunjukan bahwa thitung lebih besar dari ttabel yakni (4,45 ≥ 2,66), maka hipotesis kerja diterima. Untuk hasil respon peserta didik dapat diketahui bahwa peserta didik merespon positif penggunaan metode tutor sebaya saat pembelajaran menulis teks eksposisi dibuktikan dengan persentasi peserta didik yang menjawab “Ya” sebanyak 85,42% dan yang menjawab “Tidak” sebanyak 14,58%.
Kata Kunci : Metode Pembelajaran, Metode Tutor Sebaya, Kemampuan Menulis Teks eksposisi.
ABSTRACT
Using language very important for all society. When communicate of people choose easy to understanding language with opponents talk and nothing consider important language what use standard or no. This way prove is skill of language is importat for society. Likewise with learning must be emphasize language skill. One of from language skill is writing skill. In writing need skill for receive information what send to the reader and can to arrive with kind.for improve that skill, need learning method with appropriate.this method is a contemporary tutor method.
This research as a puspose for gain effectiveness tutor method about exposition text writing skill student of grade VIII in the Senior High School 2 of Cerme on 2018-2019. Type of the research is experiment research with design of the research is control group pretesr postest. Sample of the research is student grade VIII B as class control and student grade VIIIC as experiment class. Thechnique for colect the data using observation, test and questionnaire.
Research result show that the implementations of peer tutoring methods for the ability to write class VIII exposition texts is very good and runs smoothly as evidenced by the activity of teacher control class 89,06% and student 84,37%, while the activities of the experimental class educators 93,75% and the activities of students 93,75%. Result of the learning using contemporary tutor method has significant increase compared without contemporary tutor method, it is can proven with the increase in the average value of the experimental class of 62,38 to 79,4 with difference 17,02 is higher than the control class 61,81 66,57 with difference 4,76. In addition, the result of t shows that tcount is greater than ttable, that is (4,45 ≥ 2,66) and the working hypothesis is accepted. For the response learnes can be known that learners respon positively the use of a contemporary tutor method about exposition text writing skill evidenced by the percentage of students who answered “Yes” as much as 85,42% and those who answered “No” as much as 14,58%.
Key word : Learning Method, a contemporary tutor, exposition text writing skill