MARKETING COMMUNICATION STRATEGY OF KAYANGAN TOURISM VILLAGE IN THE VILLAGE OF BRUBUH NGAWI THROUGH MASS MEDIA AND SOCIAL MEDIA
Sektor wisata pada wisata alternatif saat ini menjadi tren yang digemari masyarakat, wisata yang mengusung konsep lebih bersahabat dengan alam dan masyarakat lokal serta mampu menjadikan dan memfasilitasi desa untuk berkembang menjadi tempat wisata. Desa Wisata Kayangan pada Desa Brubuh Ngawi merupakan desa wisata baru yang awal operasi sudah terkena dampak pandemi. Oleh karena itu, Desa Wisata Kayangan harus mampu bersaing dengan wisata lainnya dengan berbagai strategi dalam memasarkan dan mempertahankannya. Penelitian ini bertujuan untuk mendiskripsikan strategi komunikasi pemasaran yang digunakan Desa Wisata Kayangan. Metode yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Data diperoleh dari hasil observasi dan wawancara. Hasil Penelitian ini menunjukkan bahwa Desa Wisata Kayangan menggunakan strategi pemasaran berupa menjalin kerjasama dengan media massa dan media online, berkolaborasi dengan para seniman dan konten kreator, berfokus ke media sosial dan elektronik- word of mouth.
Kata Kunci : Strategi komunikasi pemasaran, Media Massa, Media Sosial, Desa Wisata Kayangan
The tourism sector in alternative tourism is currently a trend that is favored by the community, tourism that carries the concept of being more friendly to nature and local communities and is able to make and facilitate villages to develop into tourist attractions. Kayangan Tourism Village in Brubuh Ngawi Village is a new tourist village whose initial operation has been affected by the pandemic. Therefore, Kayangan Tourism Village must be able to compete with other tourism with various strategies in marketing and maintaining it. This study aims to describe the marketing communication strategy used by Kayangan Tourism Village. The method used is descriptive qualitative. Data obtained from the results of observations and interviews. The results of this study show that Kayangan Tourism Village uses marketing strategies in the form of collaborating with mass media and online medai, collaborating with artists and content creators, focusing on social media and electronic- word of mouth. Keywords : Marketing communication strategy, Mass Media, Social Media, Kayangan Tourism Village