Profil Pedagogical Content Knowledge Mahasiswa Pendidikan Matematika dalam Mengajarkan Literasi Matematis Ditinjau Berdasarkan Perbedaan Gender
Profile of the Pedagogical Content Knowledge of Mathematics Education Students in Teaching Mathematical Literacy Based on Gender Differences
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) profil pedagogical content knowledge mahasiswa pendidikan matematika perempuan dalam mengajarkan literasi matematis dan (2) profil pedagogical content knowledge mahasiswa pendidikan matematika laki-laki dalam mengajarkan literasi matematis. Pedagogical Content Knowledge (PCK) dalam penelitian ini diuraikan berdasarkan komponen Knowledge of Content and Student (KCS) dan Knowledge of Content and Teaching (KCT)
Penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan subjek penelitian satu mahasiswa pendidikan matematika laki-laki dan satu mahasiswa pendikan matematika perempuan yang minimal telah duduk pada semester lima dan setara dalam kemampuan matematika murni, pedagogik dan literasi matematis. Data untuk pemilihan subjek dan data untuk mengungkap profil subjek dikumpulkan dengan metode tes, angket, dokumentasi, penugasan, wawancara, dan rekaman video.
Hasil penelitian pada komponen KCS menunjukkan bahwa, mahasiswa pendidikan matematika perempuan dapat menduga dan menginterpretasikan: 1) penguasaan pengetahuan prasyarat dan literasi matematis awal siswa, 2) materi relasi, fungsi dan penyajiannya serta literasi matematis yang mudah dan sulit bagi siswa beserta penyebab dan langkah antisipasinya, serta 3) minat dan motivasi siswa pada topik pembelajaran. Pengetahuan ini diduga melalui pengalaman dan observasi prapembelajaran serta diinterpretasikan dengan mendengar gagasan siswa ketika tanya jawab. Pengetahuan-pengetahuan tersebut juga dimiliki oleh mahasiswa pendidikan matematika laki-laki kecuali pengetahuan tentang literasi matematis awal siswa. Pengetahuan tersebut diduga melalui pengalaman pribadi dan diinterpretasi dengan mendengar pertanyaan dan melihat gagasan siswa.
Hasil penelitian pada komponen KCT menunjukkan bahwa, mahasiswa pendidikan matematika perempuan maupun laki-laki dapat menjelaskan cara mengajarkan literasi matematis dan mengatasi kesulitan siswa dengan strategi pembelajaran yang tepat, mengorganisasikan materi dan merancang evaluasi pembelajaran. Keduanya memilih model pembelajaran discovery learning dan pendekatan saintifik. Mahasiswa pendidikan matematika perempuan mengajarkan literasi matematis bersamaan dengan konten matematika melalui diskusi kelas, sedangkan mahasiswa pendidikan matematika laki-laki mengajarkan literasi matematis sebagai terapan matematika melalui diskusi kelompok kecil.
Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan pertimbangan dalam restrukturisasi kurikulum LPTK untuk memasukkan pengajaran literasi matematis dalam perkuliahan, dan menjadi acuan pelaksanaan penelitian lanjutan oleh peneliti-peneliti berikutnya.
This study aims to describe (1) the profile of the pedagogical content knowledge of female mathematics education students in teaching mathematical literacy and (2) the profile of the pedagogical content knowledge of male mathematics education students in teaching mathematical literacy. Pedagogical Content Knowledge (PCK) in this study is described based on the Knowledge of Content and Student (KCS) and Knowledge of Content and Teaching (KCT) components.
This research is qualitative research with two subjects, i.e., one male and one female mathematics education students who have at least been in the fifth semester and are equivalent in mathematical literacy, pure mathematics, and pedagogical abilities. Data for subject selection and data to reveal subject profiles were collected using tests, questionnaires, documentation, assignments, interviews, and video recordings.
The results of research on the KCS component show that female mathematics education students can predict and interpret: 1) mastery of prerequisite knowledge and initial mathematical literacy of students, 2) material relations, functions, and presentation as well as easy and difficult mathematical literacy for students along with their causes and anticipatory steps, 3) student interest and motivation on learning topics. This knowledge is presumed through pre-learning experiences and observations and interpreted by hearing students' ideas during questions and answers. Except for the knowledge of students' initial mathematical literacy, this knowledge is also owned by male mathematics education students . This knowledge is presumed through personal experience and interpreted by listening to questions and seeing students' ideas.
The research results on the KCT component show that both male and female mathematics education students can explain how to teach mathematical literacy and overcome student difficulties with appropriate learning strategies, organize material, and design learning evaluations. Both of them chose the discovery learning model and the scientific approach. Female mathematics education students teach mathematical literacy and math content through class discussions, while male mathematics education students teach mathematical literacy as applied mathematics through small group discussions.
This study's results are expected to be taken into consideration in the restructuring of the higher education’s curriculum to include teaching mathematical literacy in lectures and become a reference for the implementation of further subsequent researchs.