Strategi Pemecahan Masalah Matematika Siswa SMP Ditinjau dari Kemampuan Matematika
Mathematical Problem Solving Strategies of Junior High School Students in terms of Mathematical Ability
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan strategi pemecahan masalah matematika siswa SMP ditinjau dari kemampuan matematika. Subjek penelitian ini yaitu kelas VII SMP yang masing masing terdiri dari 2 siswa kemampuan matematika tinggi, kemampuan matematika sedang, dan kemampuan matematika rendah. Metode pengumpulan data berupa tes dan wawancara. Tes terdiri dari tes kemampuan matematika dan tes pemecahan masalah. Wawancara dilakukan untuk menggali informasi yang tidak ada didalam lembar jawaban tes. Analisis data dilakukan dengan indikator strategi pemecahan masalah matematika yaitu beraksi, membuat gambar atau diagram, tebak dan periksa, mencari pola, dan menyelesaikan masalah yang lebih sederhana.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa dengan kemampuan matematika tinggi menggunakan strategi beraksi berupa benda konkret pulpen, membuat gambar kubus dan rangka rumah, mencari pola dengan menjumlahkan 5 sebanyak tujuh kali, menebak bilangan kemudian mengujikan dengan perkalian, menyelesaikan masalah yang lebih sederhana menggunakan pembagian potongan tali. Siswa dengan kemampuan matematika sedang menggunakan strategi beraksi berupa kertas yang dipotong-potong, mencari pola dengan menjumlahkan 5 dari bilangan sebelumnya, tebak dan periksa pola-pola yang ada dalam masalah, menyelesaikan masalah yang lebih sederhana berupa rumus dalam pola serta luas persegi. Siswa dengan kemampuan matematika rendah menggunakan strategi membuat gambar rangka rumah, mencari pola dengan menjumlahkan 5 dari bilangan sebelumnya, tebak dan periksa banyaknya volume kardus kecil dalam kardus besar, menyelesaikan masalah yang lebih sederhana dengan membagi setiap sisi dalam bangun ruang. Penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi guru untuk memotivasi siswa menggunakan strategi pemecahan masalah matematika.
This research aims to describe middle school students' mathematics problem-solving strategies in terms of mathematical abilities. The subjects of this research were class VII junior high school, each consisting of 2 students with high mathematics ability, medium mathematics ability, and low mathematics ability. The data collection methods are tests and interviews. The test consists of math ability test and problem-solving test. Interviews are conducted to dig up information outside the test answer sheet. Data analysis is conducted using indicators of mathematical problem-solving strategies, including act it out, making pictures or diagrams, guess and check, looking for patterns, and solving simpler problems.
The results showed that students with high mathematical ability used strategy of act it out with concrete objects of pens, making pictures of cubes and house frames, looking for patterns by adding 5 seven times, guessing numbers then checking with multiplication, solving simpler problems using division of rope pieces. Students with medium mathematical ability used strategy of act it out with paper cut into pieces, looking for patterns by adding 5 of previous number, guess and check patterns in the problem, solving simpler problems using formulas in patterns and square areas. Students with low mathematical ability used strategy of making picture house frame, looking for patterns by adding 5 of previous number, guess and check volume of small cardboard in large cardboard, solving simpler problems by dividing each side in the building space. This research can be a teacher’s reference to motivate students using mathematics problem-solving strategies.