Penerapan Model Pembelajaran Guided Inquiry Berbantuan Media Audiovisual pada Materi Getaran dan Gelombang untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa
Application of Guided Inquiry Learning Model Assisted by Audiovisual Media on Vibration and Wave Material to Improve Student learning Outcomes
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan keterlaksanaan
pembelajaran, peningkatan hasil belajar, dan respon siswa terhadap
penerapan model pembelajaran guided inquiry berbantuan media
audiovisual pada materi getaran dan gelombang. Jenis penelitian yang
digunakan adalah pre-experimental design dengan rancangan penelitian one
group pretest-posttest. Subjek yang digunakan adalah kelas VIII-G UPT
SMPN 9 Gresik yang berjumlah 31 siswa. Teknik pengumpulan data
menggunakan observasi, tes, dan angket. Hasil penelitian menunjukkan
bahwa pembelajaran terlaksana sangat baik dengan persentase rata-rata
93%, terdapat peningkatan hasil belajar dari pretest ke posttest sebesar 0,65
dengan kategori sedang, dan respon siswa terhadap pembelajaran adalah
sangat baik dengan rata-rata 85,11%. Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu
model guided inquiry berbantuan media audiovisual dapat digunakan
untuk meningkatkan hasil belajar siswa.
Kata kunci: guided inquiry, audiovisual, hasil belajar siswa
This research aims to describe the implementation of learning process,
improvement of learning outcomes, and student responses to the application of
guided inquiry learning model assisted by audiovisual media on vibration and wave
material. This research used pre-experimental design with one group pretest-
posttest research design. This research was conducted on 31 students from class
VIII-G UPT SMPN 9 Gresik. Data collection techniques used observation, tests,
and questionnaires. The results showed that the learning process was very well
implemented with an average percentage of 93%, there was an increase in learning
outcomes from pretest to posttest of 0.65 with a moderate category, and student
responses to learning were very good with an average of 85.11%. The conclusion
in this study is that the guided inquiry model assisted by audiovisual media can be
used to improve students learning outcomes
Keywords: guided inquiry, audiovisual, student learning outcomes