STUDI TERHADAP MEDIA PEMBELAJARAN 3D SKETCHUP DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK
STUDY ON 3D SKETCHUP LEARNING MEDIA IN IMPROVING STUDENT LEARNING OUTCOMES
Peserta didik pada umumnya sulit memahami gambar kerja dua dimensi. Indikasi rendahnya pemahaman terhadap gambar kerja dua dimensi adalah hasil belajar peserta didik tidak memenuhi kriteria ketuntasan belajar. Pada penelitian sebelumnya, banyak yang menggunakan media pembelajaran 3D SketchUp untuk menyajikan gambar tiga dimensi sebagai alat bantu dalam pemahaman peserta didik, oleh karena itu studi terhadap media pembelajaran 3D SketchUp dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik perlu dilakukan. Tujuan dari studi ini adalah mengetahui mengapa aplikasi 3D SketchUp dapat digunakan sebagai media pembelajaran dan bagaimana aplikasi 3D SketchUp dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian menggunakan studi literatur dengan pengumpulan data penelitian yang relevan tentang media pembelajaran 3D SketchUp. Setelah hasil penelitian yang relevan sudah terkumpul maka dilakukan kompilasi, dianalisis, dan disimpulkan untuk mengetahui hasil dari studi literatur. Berdasarkan hasil studi literatur dari beberapa jurnal, bahwa media 3D SketchUp dapat digunakan sebagai media pembelajaran karena keunggulan yang dimiliki dapat menginformasikan materi dalam bentuk gambar tiga dimensi yang menarik dan memiliki keunggulan membuat video animasi yang konkret. Menggunakan media 3D SketchUp dapat meningkatkan hasil belajar apabila telah memenuhi persyaratan validasi dalam aspek artistik tampilan, aspek kandungan materi, aspek kesesuaian bentuk dan aspek daya tarik media.
Students generally find it difficult to understand two-dimensional work drawings. An indication of low understanding of two-dimensional work drawings is that the learning outcomes of students do not meet the learning completeness criteria. In previous research, many have used 3D SketchUp learning media to present three-dimensional images as a tool in understanding students, therefore the study of 3D SketchUp learning media in improving student learning outcomes needs to be done. The purpose of this study is to find out why the 3D SketchUp application can be used as a learning medium and how the 3D SketchUp application can improve student learning outcomes. The research method uses literature studies by collecting relevant research data about 3D SketchUp learning media. After the relevant research results have been collected, compilation, analysis, and conclusion is carried out to determine the results of the literature study. Based on the results of literature studies from several journals, 3D SketchUp media can be used as a learning medium because its advantages can inform material in the form of attractive three-dimensional images and have the advantage of making concrete animated videos. Using 3D SketchUp media can improve learning outcomes if it meets validation requirements in the artistic aspects of display, aspects of material content, aspects of conformity to forms and aspects of media attractiveness.